Sukses

Resep Praktis Croatian Salad, Kaya Buah nan Menyegarkan

Tenang, resep versi salad buah ini mudah dipraktikkan kok.

Liputan6.com, Jakarta - Salad, makanan ala Barat yang populer di Indonesia. Menurut Oxford Dictionary of Food and Drink in America, kreasi sayuran terbaik ciptaan manusia itu pertama kali muncul pada zaman Kekaisaran Roma.

Dikutip dari Huffington Post, Senin, 1 Maret 2021, salad saat itu hanya terdiri dari sayuran daun yang ditaburi dressing berminyak dan asin. Lagipula, kata salad berasal dari sal, yang berarti garam dalam bahasa Latin. Salad itu kini terkenal dengan nama Romaine Salad.

Seiring perjalanan waktu, salad mengalami pasang surut. Ada masa saat salad tidak lagi jadi favorit banyak orang lantaran ada perbedaan sudut pandang tentang apakah sayuran dimakan sebelum atau sesudah makan. Kondisinya makin terpuruk setelah kejatuhan Kekaisaran Roma.

Tetapi beberapa abad setelahnya, salad kembali mendapat tempat di abad pertengahan. Bahkan pada masa Renaisans, salad mulai banyak kreasinya, seperti grand salad yang diciptakan untuk anggota kerajaan karena di dalamnya ditambahkan potongan daging; salad coleslaw yang merupakan salad kol; dan salad buah sebagai hidangan pencuci mulut.

Salad buah terbilang mudah dibuat. Tetapi bila bosan dengan resep salad yang itu-itu saja, Anda bisa pertimbangkan untuk membuat salad Kroasia alias Croatian Salad. Rasanya manis asam menyegarkan, pas untuk membuka pagi hari dengan sehat. Dengan tambahan yogurt, Anda bisa sekaligus mendapatkan manfaat protein, kalsium, dan bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan.

Seperti apa bahan-bahan dan cara pembuatannya? Simak detail resep yang dibagikan tim Greenfields berikut ini.

Bahan:

- 250 gr aneka buah segar (Anda bisa menyesuaikan dengan buah yang sedang musim)

- 150 gr yogurt plain

- 30 ml madu/sesuai selera

- 15 ml jus lemon

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat:

- Potong buah-buahan segar dalam bentuk kotak, sisihkan

- Campurkan yogurt, madu, dan jus lemon.

- Siramkan ke atas campuran buah secara merata.

- Diamkan selama 1 menit agar campuran bahan meresap ke buah.

- Nikmati saat dingin.

 

3 dari 3 halaman

Tahapan Daftar Vaksinasi Covid-19 via Ponsel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.