Sukses

5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih dan Rapi

Kondisi meja dapur yang rapi dan bersih akan membuat nyaman saat Anda akan memasak.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap ruangan di rumah memiliki fungsinya masing-masing, tak terkecuali dengan dapur. Salah satu hal yang wajib jadi perhatian adalah menjaga kebersihan dan kerapian meja dapur sehingga memberi kesan nyaman.

Meja dapur yang bersih dan tertata apik akan membuat suasana hati membaik dan memasak jadi kian menyenangkan. Dapur bersih jadi jantung dari rumah yang berperan untuk menghasilkan deretan sajian yang menggugah selera.

Lantas, apa saja cara untuk menjaga meja dapur agar tetap bersih dan rapi? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Senin, 1 Maret 2021, berikut ini.

1. Gantung peralatan masak

Salah satu cara termudah untuk memastikan meja dapur bersih dan teratur adalah dengan menggantung peralatan seperti panci dan wajan di dinding dapur. Meski simpel, trik ini sangat memainkan peranan yang penting.

2. Simpan mangkuk serbaguna

Dapur yang sesak dengan beragam peralatan bukanlah pemandangan yang asing. Untuk menghindari hal tersebut, simpan mangkuk serbaguna di dapur, di mana Anda dapat menyimpan barang-barang seperti kertas, kunci, dan lainnya yang tampaknya memakan banyak ruang yang tidak perlu.

3. Bagi ruang

Kebanyakan meja dapur berbentuk L. Untuk mengoptimalkan ruang dan menjaganya tetap teratur, bagi penghitung menjadi beberapa bagian. Siapkan bagian khusus untuk bumbu, peralatan masak, mangkuk buah, dan lainnya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Hindari menyimpan peralatan di atas meja

Memiliki beragam peralatan di dapur terkadang tidak dibarengi dengan kesadaran untuk mengaturnya. Ketika bicara soal microwave dan oven, hal pertama yang terlintas adalah menaruhnya di meja dapur.

Hal tersebut dapat menyebabkan meja tampak berantakan. Maka dari itu, simpan peralatan memasak yang berat di rak terpisah untuk menghemat ruang meja dapur.

5. Simpan saja kebutuhan di meja

Hindari membuat meja dapur sebagai tempat serbaguna dan simpan hanya barang yang diperlukan di atasnya. Hal tersebut dapat mencakup rempah-rempah yang sering digunakan, pisau, peralatan penting, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.