Sukses

Pria Denmark Keliling 194 Negara Selama 7 Tahun Tanpa Naik Pesawat

Selama bekeliling dunia, pria asal Denmark ini sudah menggunakan sekitar 500 kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau kita bepergian ke luar negeri, salah satu transportasi yang sering digunakan tentunya pesawat terbang. Meskipun biaya naik pesawat terbang cukup tinggi, tapi bisa mempercepat waktu perjalanan ke tempat tujuan. Namun hal ini berbeda dengan sudut pandang seorang pria asal Denmark.

Ia keliling dunia ke 194 negara dalam waktu tujuh tahun tanpa pernah menggunakan pesawat terbang. Pria bernama Torbjorn C Pedersen, atau biasa dipanggil Thor itu memilih menggunakan transportasi selain pesawat terbang. Apa alasannhya?

Sebelumnya, ia hanya pria biasa yang sedang menikmati waktu luang dengan melihat media sosial sampai akhirnya menemukan hal unik. Dilansir dari South China Morning Post, Minggu, 28 Februari 2021, Thor menemukan bahwa tidak ada satu orang pun yang pernah bepergian ke luar negeri tanpa menggunakan pesawat.

Ia penasaran dengan hal itu sampai akhirnya memutuskan menjadi orang pertama yang menjalankan langkah ekstrem ini. Thor hanya membawa perlengkapan yang dimiliki, dengan kapasitas sesuai kemampuannya saja. Ia bertekad menyelesaikan sebuah perjalanan dengan tema "Berkeliling Dunia Tanpa Pesawat dengan 1 Kali Perjalanan".

Dia memulai perjalanan ekstremnya ini pada 10 Oktober 2013, dengan menaiki bus. Total kendaraan yang telah Thor gunakan untuk penjelajahan ini hampir 500 kendaraan, terdiri dari 336 bus, 158 kereta, 25 kapal kontainer, 8 truk, dan kereta kuda.

Seperti dilansir akun Instagram @nasdaily, hingga kini Thor sudah mengunjungi 194 negara dengan sembilan negara lagi yang tersisa untuk menyelesaikan tujuannya. Pandemi corona Covid-19 membuat perjalanannya yang tadinya direncanakan akan berakhir pada Oktober 2020 harus tertunda.

Saat ini Thor masih berada di Hong Kong dan belum bisa bepergian lagi untuk sementara. Sedangkan sembilan negara yang belum disambanginya adalah Palau, Vanuatu, Tuvalu, Samoa, Tonga, New Zealand, Australia, Sri Lanka dan Maladewa.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masalah Selama Perjalanan

Namun berbicara soal perjalanan keliling dunia, berapa biaya yang dia butuhkan untuk kesehariannya? Thor hanya mengeluarkan 20 dolar AS per hari atau sekitar Rp290 ribu selama bertahun-tahun berada di luar negeri.  Thor mengaku perjalanannya itu sebagian dibiayai daru kantong pribadinya, juga sumbangan dari para pembaca blog miliknya, serta palang merah Denmark.

Thor memang menjadi duta palang merah Denmark sejak 2013. Ia juga mencari cara lain untuk mendapatkan beberapa hal penting dengan harga murah seperti mencari barang murah, menggunakan bus yang murah, hingga menginap di rumah warga.

Selain itu, Thor juga sering mendapat berbagai masalah selama perjalanan. Di antaranya masalah visa, akomodasi, melewati perbatasan daerah konflik, hingga bertemu orang jahat ketika malam hari. Tanpa teman atau keluarga, ia tetap melanjutkan perjalanan panjangnya ini dengan semangat tanpa kenal menyerah.

Pesan yang ingin disampaikan oleh Thor adalah, "Lakukan perjalanan yang lebih banyak untuk mendapatkan berbagai macam pengalaman baru dari apa yang akan kita lihat."

Thor tetap bertekad menyelesaikan perjalanannya sebelum pulang kembali ke Denmark. Ia pun mengakui, meski sudah pergi ke hampir seluruh negara di dunia, ia tetap ingin pulang ke Denmark.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.