Sukses

Peralatan Dapur yang Wajib Diganti Secara Rutin

Bukan hanya dapur saja yang harus dibersihkan lho, perlengkapan atau peralatannya juga harus diperhatikan kebersihannya.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan dapur merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Coba bayangkan, jika dapurmu nggak bersih alias kotor, kamu sendiri pasti punya perasaan malas untuk memasak. 

Namun bukan hanya dapur saja yang harus dibersihkan lho, perlengkapan atau peralatannya juga harus diperhatikan kebersihannya. Oleh karena itu, kamu harus tahu daftar peralatan dapur yang mesti diganti secara rutin. 

Salah satunya adalah spons pencuci piring. Yup, alat seperti busa yang digunakan untuk membersihkan piring, gelas, dan peralatan memasak lainnya harus diganti secara berkala. 

Itu karena, spons bersentuhan langsung dengan kotoran atau bakteri yang nggak terlihat. Nah jika spons sudah mengeluarkan bau nggak sedap dan berubah warna menjadi lebih kusam, segera ganti spons dengan yang baru.  

Selain spons, ada lagi lho peralatan memasak lain yang harus diganti secara rutin, yaitu: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Talenan

Ini adalah alat dapur yang digunakan sebagai alas untuk memotong berbagai bumbu dapur. Sadar atau nggak, bakteri ada yang menyelinap masuk di goresan talenan. 

Apalagi jika kamu menggunakan talenan kayu yang lembab. Jika nggak dicuci dan dikeringkan dengan benar, maka dapat memunculkan jamur. Oleh karena itu, sekarang cek ke dapurmu, jika sudah memunculkan banyak goresan segera ganti dengan baru.

 

3 dari 5 halaman

2. Lap Dapur

Selain spon dan talenan, lap dapur juga bersentuhan dengan bakteri lho. Kamu pasti menggunakan lap dapur untuk membersihkan cipratan minyak, tumpahan minyak atau noda lain yang menempel di dapur. Nah jangan abaikan ya, jika lap dapurmu sudah mulai kotor.

 

4 dari 5 halaman

3. Sutil Kayu

Sama seperti talenan kayu, sutil kayu sifatnya menyerap air. Meski penggunaannya cukup lama, namun jika sudah melihat jamur yang tumbuh di sodet atau sutil, segera ganti dan jangan lagi untuk menggunakannya ya!

 

5 dari 5 halaman

4. Panci

Ini yang banyak diabaikan para ibu rumah tangga. Ketika melihat panci sudah mengalami pengelupasan, harus segera diganti. Itu karena ada senyawa kimia di panci yang tentunya dapat mengganggu kesehatanmu dan keluarga. 

Nah sekarang sudah lebih jelas kan, peralatan dapur mana saja yang harus segera diganti secara berkala. Untuk persiapan penggantian peralatan dapurmu, segera cek Tokopedia. 

Yup setiap bulan, Tokopedia ada program yang Namanya Waktu Indonesia Belanja, dimana kamu bisa belanja hemat karena ada sejumlah promo menarik, mulai dari cashback spesial + promo bebas ongkir, promo kejar diskon Tokopedia, Cashback Kilat dan juga pesta promo brand pilihan. Juga ada Program Pesta Promo untuk Brand Pilihan, di mana kamu bisa temukan brand populer dan berkualitas untuk melengkapi berbagai kebutuhanmu yang hanya ada di Promo Waktu Indonesia Belanja. 

Gimana, mau berbelanja online menguntungkan dan tetap hemat di Indonesia? Cek Promo WIB aja! Oh ya, jangan lewatkan juga WIB TV Show, program TV bulanan Tokopedia yang menghadirkan berbagai penampilan dari artis Indonesia sampai internasional. Jangan sampai ketinggalan ya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini