Sukses

Daftar 20 Sup Terbaik di Dunia Versi CNN, Salah Satunya dari Indonesia

Apakah sup versi Indonesia yang masuk dalam daftar 20 sup terbaik dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai negara memiliki versi sendiri dari sajian sup yang dilengkapi dengan bahan-bahan dan cita rasa yang berbeda. Kekayaan kuliner ini bahkan dirangkam dalam daftar 20 sup terbaik di dunia versi CNN.

Sup sendiri identik dengan santapan berkuah yang dibuat dari kaldu dengan beragam bumbu sebagai penyedap alami. Sajian ini terasa kian menggugah selera dengan tambahan lauk dan sayuran sebagai pelengkap di dalamnya.

Menariknya, salah satu sup terbaik di dunia tersebut berasal dari Indonesia. Apa itu? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari CNN Travel, Jumat (26/2/2021), berikut ini.

Beef pho - Vietnam

Pho terbuat dari kaldu yang direbus selama berjam-jam dengan star anise dan ragam rampah hangat lainnya. Pemilihan bahan tersebut tidak lain untuk menciptakan dasar aromatik yang luar biasa untuk sup mi beras ini.

Meski restoran pho kini menyajikan ragam rasa, namun pho dengan daging sapi adalah sajian aslinya. Pada 1930, penulis The Pho Cookbook Andrea Nguyen menjelaskan sup disajikan dengan irisan daging sapi mentah yang dimasak dengan lembut di dalam kaldu.

Banga - Nigeria

Buah-buahan dari pohon kelapa sawit memberikan lemak dan rasa pada sup dari Delta Niger tersebut. Sup ini juga menyajikan ikan lele segar, daging sapi, dan makanan laut kering.

Kebanyakan campuran pada santapan ini, termasuk pala Afrika, biji jarak, orima, jansa dan daun beletete. Saus merah yang kaya rempah-rempah jadi daya tarik utama sup. Rendam dengan eba atau bola pati, dua bahan pokok Nigeria yang keduanya terbuat dari singkong yang disiapkan dengan metode berbeda.

Caldo verde - Portugal

Irisan tipis sayuran berpadu kentang dan bawang dalam sup rumahan dari wilayah Minho penghasil anggur di Portugal ini. Kini, sup adalah bintang kuliner dari kafe kelas atas hingga dapur pedesaan, definisi makanan rumahan yang nyaman. Dalam banyak versi, sosis chouriço Portugis yang lembut menambahkan sedikit rasa asin dan berasap yang membuat sup kian lezat.

Borscht - Ukraina

Sajian yang disukai di Ukraina ini dimasak dengan potongan bit lembut dalam kaldu merah. Kerap ditambahkan sesendok krim asam, borscht sama sekali bukan sup bit dasar. Rasa tajam sup ini berasal dari kvass, jus bit yang difermentasi lakto yang merupakan spesialisasi regional lainnya.

Meski sup ini diakui sebagai kuliner Ukraina, terjadi klaim dari pihak lain lantaran terkadang dikaitkan dengan masakan Rusia. Maka, koki Ukraina berupaya memasukkan sup versi mereka ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Soto ayam - Indonesia

Sup dengan campuran mi dan ayam ini turut dilengkapi dengan ragam rempah, mulai dari kunyit segar, kayu manis, serai, hingga daun jeruk. Paduan tersebut menghasilkan aroma dan rasa yang khas ditambah dengan telur rebus. Soto ayam juga ditambah dengan taburan bawang merah goreng, jeruk nipis segar, dan irisan cabai merah yang pedas.

Chorba frik - Aljazair, Libya dan Tunisia

Gandum durum yang dipanen selagi hijau, yang disebut freekeh, menambah bobot dan makanan pada sup Afrika Utara ini, yang sangat disukai selama waktu suci Ramadan. Biji-bijian yang empuk menyerap kaldu tomat dan rempah-rempah aromatik, rasanya bercampur dengan buncis plus ayam rebus, daging sapi, kambing, atau domba. Sajikan dengan irisan lemon dan sepotong roti kesra.

Gumbo - Amerika Serikat

Budaya dan cita rasa berpadu dalam sup lezat yang menjadi bintang masakan Louisiana, dipengaruhi oleh masakan Afrika Barat, Native Choctaw, dan Prancis. Versi yang dibuat dengan makanan laut, ayam, dan sosis adalah yang paling populer saat ini, namun ada banyak cara untuk membuat masakan khas Selatan ini.

Daun sassafras yang digiling dan dikeringkan - disebut filé dan sudah lama dipanen oleh orang Choctaw - memberi banyak resep gumbo bumbu yang khas. Beberapa juru masak mengentalkan sup mereka dengan pasta tepung yang dimasak yang disebut roux.

Menudo - Meksiko

Menudo adalah sajian khas Meksiko yang berisi babat yang direbus selama berjam-jam dalam kaldu bawang putih. Santapan ini juga menjadi favorit di pesta pernikahan dan acara-acara besar, yang disantap dengan kernel bubur jagung, hiasan bawang mentah, cabai dan ketumbar.

Ada sajian Menudo rojo yang berubah menjadi merah tua dari cabai dalam kaldu. Sedangkan, Menudo blanco ala Sonoran adalah alternatif yang lebih lembut.

 
3 dari 6 halaman

Bouillabaisse - Prancis

Sajian ini dimasak dengan saffron, minyak zaitun, fennel, bawang putih, dan tomat yang dipadu dengan ikan segar dari laut. Menurut penandatangan Piagam Bouillabaisse 1980, upaya kolektif oleh koki lokal untuk memastikan kualitas sup Prancis, resep paling otentik harus mencakup setidaknya empat jenis makanan laut yang dipilih dari daftar yang mencakup monkfish dan kepiting.

Chupe de camarones - Peru

Sup krim udang krim ini adalah spesialisasi Arequipa, kota bersejarah yang dikelilingi oleh gunung berapi. Udang yang lembut menyatu bersama potongan kentang dan jagung Andes. Penambahan ají amarillo, cabai menambah bumbu yang memuaskan untuk mengimbangi bahan yang kaya dan lembut.

Kharcho - Georgia

Saus tart plum yang disebut tkemali menambah rasa cerah dan segar pada sup tradisional ini. Kharcho merupakan salah satu hidangan paling disukai di Georgia yang dibuat dengan plum mentah, yang rasa asamnya menyeimbangkan kekayaan lemak daging sapi dan kacang kenari yang dimasak ke dalam sup. Aromatiknya berasal dari campuran rempah-rempah khmeli suneli, campuran ketumbar, gurih, fenugreek, lada hitam, marigold dan lainnya.

Moqueca de camarão - Brazil

Sup khas wilayah Bahia di Brasil ini dimasak dengan minyak kelapa sawit, tomat, kaldu kelapa dalam makanan khas dari wilayah Bahia di Brasil ini. Namun, daya tarik asli sup ini adalah udang yang manis dan lembut di kaldu. Secara tradisional, moqueca de camarão dimasak dalam panci buatan tangan yang terbuat dari tanah liat hitam dan getah pohon bakau, kemudian dibawa ke meja dengan wadah otentik yang sama.

4 dari 6 halaman

Gazpacho - Spanyol

Versi paling klasik sup sayuran dingin ini kini, termasuk tomat, mentimun, bawang putih, dan minyak zaitun, dengan sedikit tepung roti basi ditambahkan untuk tubuh. Orang Arab membawa hidangan ini ke Semenanjung Iberia berabad-abad sebelum orang Spanyol mencicipi tomat, bahan dari Dunia Baru. Yang asli adalah campuran roti, bawang putih, dan minyak zaitun, ditumbuk dengan lesung dan dibumbui dengan cuka.

Sup Groundnut - Afrika Barat

Daging, ikan, atau ayam yang direbus menjadi sup kacang kental adalah makanan penghibur murni di negara-negara di Afrika Barat. Versi berkisar dari domoda Gambia - hidangan nasional - hingga masakan Nigeria yang dimasak dengan pahit, sayuran berdaun hijau.

Sup daging sapi Lanzhou - Cina

Mi la mian yang dibuat dengan tangan untuk sup tradisional ini adalah seni tersendiri. Pengrajin menggunakan tepung high-gluten yang digiling halus dan bubuk alkali untuk mencampur adonan yang melar, lalu menarik dan melipat satu bagian adonan untuk membuat mi secukupnya untuk semangkuk sup.

Masukkan ke dalam semangkuk kaldu sapi untuk mendapatkan sup kelas dunia yang mencakup daging sapi empuk, irisan pucat lobak, minyak cabai, dan rempah-rempah segar.

Yayla çorbasi - Turki

Nasi rebus atau barley menambah rasa manis pada sup krim yogurt ini. Ini diyakini bisa menangkal pilek selama musim dingin; beberapa rumah sakit Turki bahkan menyajikan sup yogurt untuk pasien yang sedang dalam pemulihan. Sedikit mint kering membantu menyeimbangkan sedikit bau yogurt. Sajikan dengan roti pita segar yang empuk.

5 dari 6 halaman

Tom yum goong - Thailand

Manis, asam, pedas, dan asin, kaldu sup yang luar biasa ini adalah kertas timah yang ideal untuk udang yang manis dan empuk. Bahan aromatiknya meliputi lengkuas, serai, dan daun jeruk, sedangkan irisan cabai rawit berwarna merah cerah menambah panas. Tom yum goong hanyalah salah satu dari banyak jenis sup tom yum di Thailand. Versi ini diperkaya dengan udang gendut, dan menjadi favorit banyak pengunjung.

Harira - Maroko

Banyak orang Maroko berbuka puasa dengan semangkuk panas sup buncis ini selama bulan Ramadan. Sajian ini dimasak dari kayu manis, jahe, kunyit, dan lada memberikan bumbu hangat pada kaldu tomat yang gurih, yang meresap ke dalam buncis yang empuk. Meski resep vegetarian populer, versi paling klasik direbus dengan potongan daging domba yang empuk atau daging lainnya.

Mohinga - Myanmar

Sup ini adalah menu sarapan di sebagian besar Myanmar, di mana pedagang kaki lima dan toko teh menjajakan mohinga kukus dari tong besar. Inti dari sup mi ini adalah kaldu aromatik, yang direbus dengan bumbu dan dikentalkan dengan bubuk beras panggang. Ikan menambah kekayaan, sedangkan bihun yang encer sangat cocok untuk diseruput.

Tonkotsu ramen - Jepang

Tulang babi yang direbus lama memberikan rasa yang kuat pada ramen klasik ini, yang kaldunya berwarna keruh dengan sumsum dan lemak. Sajian ini adalah ciri khas Prefektur Fukuoka di bagian selatan pulau Kyushu, tetapi sup yang kaya sekarang disajikan di toko ramen di seluruh negeri (dan dunia).

Meskipun kaldu adalah bintang ramen tonkotsu, semangkuk sajian ini belum lengkap tanpa irisan perut babi dan jalinan mi yang keras di bagian tengah. Makanlah dengan sumpit dan sendok dengan bagian bawah rata, dan jangan lupa menyeruput yang dipercaya dapat meningkatkan rasa.

6 dari 6 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.