Papan Jalan Legendaris Abbey Road The Beatles Dilelang Mulai dari Rp168 Juta

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2021, 17:02 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 17:02 WIB
The Beatles
Perbesar
Sampul album The Beatles, Abbey Road yang ikonik. (dok.Instagram @bevey57/https://www.instagram.com/p/B06UWbSAsCF/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Papan jalan bertuliskan Abbey Road kini tengah dilelang dengan harga mulai dari Rp168 juta. Abbey Road di London, Inggris, sendiri merupakan salah satu jalan yang punya ikatan emosional dengan Beatlemania, sebutan penggemar band legendaris The Beatles. 

Papan jalan itu memang tidak ditampilkan pada foto album studio yang dirilis The Beatles pada 1969 tersebut. Namun, tanda itu masih jadi barang incaran para kolektor.

Bukan hanya karena punya makna khusus terkait album studio terakhir yang direkam George Harrison, John Lennon, Ringo Starr, dan Paul McCartney, tetapi juga merupakan lokasi Abbey Road Studio yang terkenal.  

Studio tersebut sudah banyak digunakan sejumlah musisi terkenal lain, selain tentu saja band asal Liverpool tersebut. Masuk dalam daftar tersebut adalah Ed Sheeran, Lady Gaga, Queen, dan Florence + the Machine. Tak hanya musisi luar negeri saja, band terkenal Indonesia, yaitu Gigi, juga pernah menjajal rekaman di studio ini.

Bagi penggemar berat The Beatles, membeli papan jalan ini berarti mengoleksi barang-barang yang berhubungan dengan "biang kerok" British Invasion tersebut. Meski akan dilelang untuk umum, pembelinya kemungkinan besar adalah Beatlemania.

Papan Abbey Road ini dirancang Misha Black pada 1967 dan memiliki bentuk sederhana, yakni persegi panjang bertuliskan warna hitam dan merah, lengkap dengan angka kode pos.

"Koleksi ini menawarkan kesempatan unik untuk jadi bagian dari sejarah kota kami," kata Melvyn Caplan, Wakil Pimpinan Dewan Kota Westminster, seperti dikutip dari laman Travel and Leisure, Kamis (25/2/2021).

"Ini adalah tanda asli yang telah ada di jalanan London dalam beberapa tahun terakhir. Ia telah melalui momen bersejarah dan jadi tonggak budaya," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Pemanfaatan Hasil Lelang

Papan Jalan Legendaris Abbey Road The Beatles Dilelang Mulai dari Rp168 Juta
Perbesar
Papan Jalan Legendaris Abbey Road The Beatles Dilelang Mulai dari Rp168 Juta. (dok.Instagram @catherinesouthonauctions/https://www.instagram.com/p/CLXaoDgnVXI/Henry)

Papan jalan Abbey Road adalah salah satu dari banyak barang yang dijual Dewan Kota Westminster. Uang hasil lelang rencananya akan digunakan untuk layanan sipil.

"Pada saat seperti ini, ketika banyak dari kita tinggal di luar London dan tidak datang ke sini, Anda mungkin lupa pada pemandangan, suara, bau dari kota, dan ini luar biasa untuk memiliki sesuatu seperti ini untuk mengingatkan kita," kata juru lelang Catherine Southon.

Papan tersebut dilelang melalui laman bid.catherinsouthon.co.uk dengan harga penawaran dimulai dari 11,9 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp168 juta.

Sampai saat ini, lelang papan ini sudah mendapatkan 35 penawar yang mengajukan harga fantastis. Lelang ini berlangsung sejak 17 Februari kemarin sampai 3 Maret 2021.  (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓