Feby Febiola Ungkap Sederet Cara Pencegahan Kanker Ovarium

Oleh Liputan6.com pada 25 Feb 2021, 16:01 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 16:01 WIB
Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Perbesar
Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)

Liputan6.com, Jakarta - Artis sekaligus bintang film, Feby Febiola, membagikan pengalaman dan kiat-kiatnya dalam melawan kanker ovarium. Feby Febiola mengaku kunci utama dari proses saat penyembuhannya adalah selalu tak putus asa.

Feby Febiola sebelumnya mengidap kanker ovarium stadium 1C. Istri Franky Sihombing ini menyampaikan dirinya sedih sekaligus terkejut saat awal didiagnosa sedih dan shock.

"Kaget sedih, tapi seiring berjalannya waktu buat apa? Bisa stres kalau terlalu dipikirkan, karena dalam hidup itu banyak hal baik yang kita dapat, tapi kita tidak tahu dan tidak sangka bisa mengidap kanker. Jadi tetap semangat kuncinya," kata Feby, dalam acara Webinar Millenials Care for Cancer bersama YKI, Selasa, 23 Februari 2021.

Kendati demikian, ia selaalu semangat untuk dapat sembuh dan dapat menginsipirasi pasien kanker lainnya hingga membuatnya berhasil melewati proses penyembuhan. Feby juga membagikan beberapa tips untuk mencegah penyakit yang dialaminya ini.

1. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan merupakan salah satu cara pencegahan penyakit seperti diabetes ataupun kanker. Kegemukan pada tubuh ialah faktor risiko bagi penderita kanker ovarium. Oleh karena itu, seperti yang dikatakan Feby Febiola dalam acara Webinar Yayasan Kanker Indonesia, menjaga pola makan sangat memiliki peran penting terhadap tubuh.

"Saat ini makanan yang aku makan itu sangat dijaga, sebenarnya dari awal aku kena penyakit ini sudah menjalani pola hidup sehat, tapi sekarang yang lebih sehat lagi," kata Feby Febiola.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Konsumsi Makanan Sehat

Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)
Perbesar
Feby Febiola. (Foto: Instagram @febyfebiola_)

Mengonsumsi makanan sehat dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Makanan sehat memang banyak sekali jenisnya namun, untuk mendapatkan manfaat baik dari makanan sehat tersebut perlu dikonsumsi secara rutin.

Seperti hal nya, buah-buahan yang memberikan antioksidan alami dapat jadi makanan sehat yang bisa menurunkan risiko kanker. Tak hanya itu, adapun sayur-sayuran yang diyakini dapat mencegah berbagai penyakit sekaligus menyehatkan tubuh.

3. Olahraga

Salah satu cara mencegah kanker yakni dengan banyak beraktivitas. Hal ini karena risiko kanker diketahui dapat meningkat jika tubuh kurang aktif digerakkan. Beraktivitas atau berolahraga memiliki peran penting untuk memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh serta mengurangi risiko penyakit berbahaya, termasuk mencegah kanker.

"Olahraga yang saat ini lagi aku jalanin sih biasanya yoga ya," ujar Feby.

4. Pahami Gejala Kanker Ovarium

Langkah pencegahan lainnya adalah memahami terlebih dahulu gejala dari penyakit tersebut. Seperti gejala yang meliputi pada kanker ovarium yakni pembengkakan pada perut disertai rasa nyeri, kenyang meski makan sedikit, sering buang air kecil dan berat badan menurun secar drastis. Jika Anda mengalami gejala tersebut dan mencurigai sebagai gejala kanker ovarium, segera periksakan ke dokter agar dapat di tangani lebih cepat. (Melia Setiawati)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?

Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker?
Perbesar
Infografis Akar Bajakah dari Kalimantan Bisa Sembuhkan Kanker? (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓