Mengintip Bagian Dalam IKEA Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat yang Baru Dibuka April 2021

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2021, 20:31 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 20:31 WIB
Mengintip Bagian Dalam IKEA Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat yang Bakal Dibuka April 2021
Perbesar
Presiden Direktur Indonesia Patrik Lindvall (kiri) dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, H.E. Marina Berg (tengah) menghadiri acara peresmian IKEA Kota Baru Parahyangan. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - IKEA memperkenalkan flagship store terbarunya di Kota Baru Parahyangan (KBP), Kabupaten Bandung Barat. Peritel perlengkapan rumah tangga asal Swedia itu membuka bagian dalam toko kepada sejumlah undangan khusus sebelum resmi dibuka pada akhir kuartal I 2021 atau April mendatang.

"Kami sangat senang dapat segera menyapa masyarakat Bandung dan sekitarnya di toko IKEA Kota Baru Parahyangan. IKEA ingin menjadi bagian dari Bandung Barat dengan menciptakan kehidupan sehari hari yang lebih baik bagi banyak orang di wilayah ini," kata Presiden Direktur PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia Patrik Lindvall dalam acara private tour store, Rabu (24/2/2021).

Flagship store terbaru IKEA Bandung sudah hampir rampung. Menempati lahan seluas 4,4 hektare, bangunan toko seluas 31 ribu meter persegi ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama difungsikan sebagai gudang, layanan kasir, hingga minimarket yang akan menjual produk-produk camilan dan makanan ringan khas IKEA, sedangkan lantai II dimanfaatkan sebagai ruang pamer dan restoran.

Bangunannya terletak tepat di Jalan Parahyangan Kav. 9, Padalarang, Kertajaya. Warna biru dan kuning yang menjadi ciri khas IKEA mewarnai fasad bangunan.

Berdirinya toko IKEA Kota Baru Parahyangan ini tidak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan Kedutaan Besar Swedia. Sebelumnya, IKEA telah membuka dua pick-up point di Bandung, yang berlokasi di Pasir Kaliki dan KBP.

Sama seperti dua toko IKEA lainnya, yakni Sentul dan Alam Sutra, IKEA Kota Baru Parahyangan juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi menghadirkan pengalaman belanja yang sehat dan aman bagi para pelanggan.

Patrick mengatakan, pembukaan toko IKEA Kota Baru Parahyangan bertujuan untuk memberikan kontribusi pada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Bandung Barat dan sekitarnya. Salah satunya dengan merekrut lebih dari 300 SDM lokal yang berasal dari masyarakat sekitar dengan latar belakang yang berbeda.

Lebih jauh, ia menyebutkan, IKEA Kota Baru Parahyangan akan menyelenggarakan program Teras Indonesia. Lewat program tersebut, pengusaha UMKM bisa menjual produk-produknya di toko IKEA. Dalam private showing bersama Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg itu, produk UMKM Jabar, seperti boneka, perhiasan, dan produk kriya, sudah terpajang di sejumlah sudut gerai IKEA.

 

 

Kontribusi Ekonomi

Mengintip Bagian Dalam IKEA Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat yang Bakal Dibuka April 2021
Perbesar
Interior IKEA Kota Baru Parahyangan. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Kehadiran IKEA di Bandung Barat disambut baik Pemprov Jawa Barat, terlebih pembangunannya tak lepas dari hubungan baik antara Kedutaan Swedia dan Pempov Jawa Barat. Sekretaris Daerah Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyebut kehadiran IKEA di Kota Baru Parahyangan merupakan investasi yang luar biasa di tengah terpuruknya ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Investasi IKEA ini membawa harapan pergerakan ekonomi yang lebih positif, khususnya bagi pemerintah daerah. Nilai investasinya kurang lebih Rp4 triliun," ujar Setiawan.

Ia juga memuji upaya peritel untuk menerapkan prinsip keberlanjutan, baik dari sisi energi, lingkungan, maupun SDM. "Misalnya, sistem listrik di sini otomatis. Jika ada pengunjung datang lampu akan nyala, tapi kalau lagi kosong akan padam sendiri," ungkapnya.

Sementara, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, H.E. Marina Berg menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung Barat, dari awal pembangunan toko hingga saat ini. Menurutnya, IKEA bukan hanya brand Swedia melainkan juga sarana yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi, termasuk bagi pemerintah Indonesia, khususnya bagi Provinsi Jawa Barat.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu pembangunan store IKEA ini. Di sini hanya sebatas produk asal Swedia tapi produk lokal pun ada," ujarnya.

IKEA Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu dari 450 toko di 58 di seluruh negara dan toko ketiga setelah Alam Sutra (Tangerang) dan Sentul (Bogor). (Huyogo Simbolon)

 

 

Mengintip Bagian Dalam IKEA Kota Baru Parahyangan di Bandung Barat yang Bakal Dibuka April 2021
Perbesar
Interior IKEA Kota Baru Parahyangan. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓