Posisi Ranjang yang Nyaman dan Bisa Salurkan Energi Positif

Oleh Gilar Ramdhani pada 24 Feb 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 19:45 WIB
Kamar tidur
Perbesar
Jdikan tampilan kamar semakin luas dengan dekorasi yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur merupakan bagian penting dalam sebuah rumah dan mewakili karakter diri kamu. Waktu yang kamu habiskan jauh lebih lama dibandingkan ruangan lain. Dan disinilah kamu merasakan tempat paling nyaman untuk memejamkan mata.

Ketika tidur, kamu berada dalam kondisi "yin" pasif sehingga lebih rentan terhadap energi di sekitar. Jadi, penempatan tempat tidur atau ranjang tidak boleh sembarangan karena sangat mempengaruhi kesehatan kamu baik dalam keadaan sadar maupun sedang tidur. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menempatkan ranjang di kamar agar kamu bisa merasakan energi positif. 

1. Kamu Melihat Posisi Pintu Kamar

Dalam feng shui seperti dikutip dari thespruce.com, menempatkan ranjang terbaik menggunakan prinsip posisi komando, yakni kamu dapat melihat pintu kamar tidur. Namun, bukan berarti harus langsung menghadap pintu.

Aturan praktis yang baik adalah menempatkan tempat tidur diagonal dari pintu. Ada banyak kasus di mana hal ini tidak memungkinkan, sehingga kamu bisa mengoreksi tempat tidur dengan menggunakan cermin. Tempatkan cermin agar saat berada di tempat tidur Anda bisa melihat pantulan pintu.

2. Hindari kaki mengarah ke pintu

Selain posisi komando, ada pedoman lain yang harus diperhatikan saat meletakkan kasur dalam kaitannya dengan pintu kamar. Hindari kaki yang mengarah langsung ke luar pintu. Karena ini sering disebut sebagai "posisi peti mati". Jika satu-satunya tempat tidur sejajar dengan pintu, bisa menggantung bola kristal antara pintu dan tempat tidur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kepala ranjang menempel ke dinding yang kokoh

kamar
Perbesar
ilustrasi dekorasi kamar | unsplash.com/ Kam Idris

Kepala tempat tidur atau ranjang bersandar dengan aman di dinding yang kokoh. Hal ini membuat kamu mendapat dukungan dari belakang ketika bersadar. Kedua, hindari jendela di belakang kepala tempat tidur ni sangat penting jika kamu berada di lantai dasar atau memiliki masalah mata. Lebih baik memiliki dinding yang kokoh di belakang Anda.

4. Ranjang jauh dari dinding toilet

Hindari menempatkan ranjang tidur kamu dengan dinding toilet. Termasuk juga tidak ada dinding toilet diseberang kepala ranjang kamu. Jika tidak memungkinkan, kamu dapat meletakkan cermin di dinding, di atas dan di belakang tempat tidur untuk memperluas pemandangan kamar tidur. Ini akan menghapus kesan negatif dari toilet.

5. Beri ruang di kedua sisi ranjang

Untuk orang dewasa, sebaiknya buat ruang terbuka di sisi kiri dan kanan ranjang. Kurang ideal jika menempatkan tempat tidur dengan satu sisi menghadap dinding. Ruang di kedua sisi ranjang memungkinkan keseimbangan antara yin dan yang, feminin dan maskulin, serta ruang untuk setiap pasangan.  Selain itu, kamu juga dapat meletakkan cermin di dinding tempat tidur berada. Ini dapat memperluas pandangan dengan penuh semangat.

Untuk anak-anak, tidak masalah menempatkan tempat tidur di dinding karena dapat memberi mereka dukungan dan perlindungan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

6. Bebaskan dari Balok, Sofit, dan Plafon Miring

Dekorasi kamar mungil
Perbesar
Dekorasi kamar mungil

Untuk penempatan feng shui terbaik, bebaskan area di atas ranjang dari balok, soft, dan langit-langit yang miring. Hal ini dapat menciptakan tekanan atau energi negatif yang tidak perlu. Jika tidak dapat dihindari, gunakan kain untuk menutupi fitur langit-langit miring itu. Jika ini bukan balok atau soffit besar, hanya langit-langit miring bisa mengecatnya dengan warna yang sama.

Dekorasi kamar

  • Agar tidak memecah energi positif, jangan meletakkan cermin yang menghadap langsung ke tempat tidur.
  • Hindari menempatkan tanaman palsu dan bunga kering di kamar, karena ini justru menambah elemen ketidakharmonisan.
  • Hindari Menaruh elektronik di meja samping tempat tidur atau pun diatas tempat tidur.
  • Jika kamu memiliki furniture dengan sudut tajam, hindari meletakkan furniture mengarah ke tempat tidur.

Menempatkan lampu gantung/ kipas di atas tempat tidur. Hal ini mempengaruhi kualitas tidur, karena akan membuat sulit tidur nyenyak.

Untuk menciptakan mood dan semangat yang bisa mewarnai hari-harimu, gunakan cat dinding bertema Brave Ground yang punya 4 palet sehingga bisa mengganti suasana kamar tidur kamu.

Pertama, Palet Expressive Colours untuk membangun mood berani tampil beda. Kedua, Palet Trust Colours, untuk keseharian yang tenang & penuh kehangatan. Ketiga, Palet Timeless Colours, untuk berani bangkit dari masa lalu. Dan, keempat adalah Palet Earth Colours, untuk suasana segar menyambut hari baru.

Itulah beberapa tips dan trik untuk dekorasi kamar tidur dan menata ranjang agar lebih nyaman dan memberikan energi positif.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid