Sukses

Penumpang Rekam Momen Dramatis Mesin Pesawat Boeing 777 Terbakar Saat Terbang

Kerusakan mesin pesawat boeing 777 itu menyebabkan serpihan puing-puing berjatuhan di pemukiman warga kota Denver, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video singkat rekaman penumpang pesawat, yang kemudian viral di media sosial, memperlihatkan mesin pesawat boeing 777 maskapai United Airlines terbakar setelah mengalami kerusakan parah. Di klip tersebut, seluruh struktur penutup mesin telah terlepas.

Sementara, terdapat sejumlah bagian telah tertelan ke dalam mesin pesawat yang menyebabkan kerusakan dan kebakaran. Kala itu, pesawat tersebut melayani penerbangan UA328 dari Denver, Amerika Serikat ke Honolulu, Hawaii.

Melansir laman Perth Now, Senin (22/2/2021), kerusakan ini dilaporkan terjadi saat pesawat lepas landas dari landasan pacu 27 Denver. Saat itu, inlet mesin sebelah kanan mulai terpisah akibat kerusakan.

Terkait insiden tersebut, perwakilan Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Steve Dickson, mengatakan bahwa data awal mengindikasi perlunya perawatan lebih sering dari pesawat Boeing 777 yang dilengkapi mesin berjenis Pratt & Whitney PW4000.

Berdasarkan laporan Washionton Post, juru bicara Boeing, Bradley Akubuiro, menyampaikan bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan penyelidik. Dalam kasus ini adalah FAA dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat.

Penyelidik tampaknya fokus pada potensi kerusakan bagian pada mesin yang disebut "bilah kipas berlubang." FAA menyambung, United adalah satu-satunya maskapai Amerika Serikat yang punya jenis mesin ini di armadanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Menerbangkan Sementara

Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat disebut tengah menyelidiki penyebab insiden kerusakan mesin, yang menurut pihak berwenang setempat rusak parah.

United Airlines, yang mengoperasikan penerbangan tersebut, mengatakan untuk sementara dan secara sukarela mengeluarkan jenis pesawat boeing 777 dari armadanya "karena sangat berhati-hati." Juga, mereka mengaku tengah bekerja sama dengan penyelidik untuk menentukan tindakan pencegahan tambahan.

"Saat kami menukar pesawat, kami berharap hanya sejumlah kecil pelanggan yang akan merasa tak nyaman," kata juru bicara United David Gonzalez.

Kerusakan pesawat ini menyebabkan serpihan puing-puing tersebar di daerah pemukiman berjarak 800 meter di luar kota Denver. Pesawat akhirnya mendarat darurat. Di antara 231 penumpang juga 10 awak pesawat tak ada yang dilaporkan mengalami cedera.

3 dari 3 halaman

Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.