Sukses

Akhir Pekan ke Mall, Ini Tips Aman dan Nyaman Belanja Pakaian Baru

Untuk kamu yang ingin belanja pakaian baru, simak beberapa tips ini agar belanja lebih aman dan meminimalisir resiko penyebaran virus.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan telah datang, kini saat waktu yang tepat untuk refreshing dan melakukan aktivitas seru selain rutinitas pekerjaan kantor maupun rumah. Salah satu kegiatan favorit yang digemari adalah pengunjung mall atau pusat perbelanjaan.

Banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari sekadar jalan-jalan, kuliner, belanja kebutuhan rumah, atau bahkan membeli pakaian baru. Dibandingkan barang-barang lain yang bisa dibeli online, beli pakaian tampaknya masih nyaman dan puas jika langsung ke tokonya.

Di tengah situasi pandemi dan pembatasan sosial, penting untuk melaksanakan protokol kesehatan dan tubuh dalam kondisi sehat ketika beraktivitas di luar rumah, termasuk di mall. Untuk kamu yang ingin belanja pakaian baru, simak beberapa tips ini agar belanja lebih aman dan meminimalisir resiko penyebaran virus.

1. Masker wajib, kalau perlu ganda

Pakai masker sudah jadi barang wajib saat keluar rumah. Manfaatnya untuk meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh. Mengingat tujuan kamu adalah belanja pakaian dan pasti aktif menyentuh pakaian, maka tidak ada salahnya menggunakan masker ganda untuk lebih amannya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sedia hand sanitizer

Selain masker ganda, kamu juga perlu memiliki masker cadangan agar menekan penyebaran virus yang mungkin saja menempel dari satu dan pakaian lainnya. Namanya toko pakaian, banyak orang yang menyentuhnya bukan.

2. Sedia hand sanitizer

Toko pakaian biasanya sudah menyiapkan dan tersedia di beberapa titik. Dari pada harus berjalan ke sana dan kemari, lebih baik bawa sendiri. Kalau sudah menyentuh pakaian jangan lupa untuk menggunakan hand sanitizer. Jika kamu memilih untuk pakai sarung tangan itu tentu akan lebih aman.

3. Tertib jaga jarak

Biarpun ada promo dan diskon besar-besar, pastikan untuk tertib jaga jarak. Hargai orang yang lebih dulu datang, dan sabarlah untuk menunggu giliran. Toko-toko pakaian sekarang sebagain besar telah menerapkan protokol kesehatan, lebih tertib sendiri daripada ditertibkan bukan.

 

3 dari 4 halaman

4. Usahakan tidak mencoba pakaian

Sebelum pandemi, kamu bisa leluasa mencoba pakaian di ruang ganti sebelum membelinya. Tapi, kini kebiasaan tersebut harus diubah. Apalagi sekarang hampir semua ritel penjualan baju di mall menutup kamar pas atau fitting room pada masa new normal. Artinya, pengunjung tidak diperkenankan untuk mencoba baju yang hendak dibeli.

Jangan terlalu kecewa, karena ini adalah upaya pihak toko untuk melaksanakan protokol kesehatan dan menjamin pakaian yang dijual tetap steril dan bebas virus. Kamu tinggal pilih ukuran dan komunikasi dengan penjaga toko.

5. Pembayaran non tunai

Meminimalisir pembayaran dengan uang tunai untuk menjaga tangan tetap bersih. Seperti menggunakan uang elektronik, kartu debit, atau kartu kredit. Jangan lupa sebelumnya telah sedia kantong belanja sendiri ya agar tidak kena biaya tambahan. Setelah transaksi selesai, gunakan hand sanitizer sebelumnya keluar dari toko.

Jika dari awal kamu menggunakan masker ganda, masker bagian luar bisa dibuang jika masker bedah disimpan jika itu masker kain. Atau mengganti dengan masker baru. 

4 dari 4 halaman

6. Segera ganti pakaian dan cuci pakaian baru

Begitu pulang ke rumah jangan lupa segera berganti pakaian dan mandi untuk membersihkan tubuh dari risiko virus menempel. 

Segera cuci baju yang baru saja dibeli di mall. Jangan menunggu lama atau menumpuk baju baru itu berhari-hari. Cuci baju baru dengan deterjen yang tepat. Deterjen yang bukan hanya sekedar menghilangkan bau, tapi juga membersihkan secara menyeluruh sehingga baju tersebut aman dipakai.

Pilih deterjen anti noda cair plus pengharum untuk pakaian-pakaian kamu. Dengan keharuman Rose Fresh, Perfume Essence, Royal Gold, dan Classic Fresh, baju yang baru saja dibeli menjadi lebih harum, segar, dan bersih higienis.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini