Sukses

Daftar 10 Negara dengan Masakan Terbaik Dunia 2020 Versi TasteAtlas, Indonesia Ranking Berapa?

Salah satu masakan Indonesia masuk dalam daftar kuliner tradisional terbaik dunia versis TasteAtlas, yakni satai.

Liputan6.com, Jakarta - TasteAtlas meluncurkan daftar negara dengan masakan terbaik di dunia 2020 (best cuisine in the world). Daftar tersebut disusun berdasarkan rating yang diberikan 63.402 responden yang valid.

TasteAtlas merupakan situs Kroasia yang mengulas tentang makanan tradisional, resep lokal, dan restoran autentik di seluruh dunia merilis Awards 2020. Situs ini mengklaim telah membuat katalog 10.000 makanan dan minuman.

Indonesia masuk di antara jajaran negara dengan masakan terbaik. Berada di peringkat berapa? Berikut adalah daftar 10 besar negara dengan masakan terbaik di dunia 2020 yang dikutip dari laman TasteAtlas, Jumat, 19 Februari 2021.

1. Italia

Italia terkenal sebagai salah satu negara dengan kuliner-kuliner tradisional yang mendunia. Dua di antara yang terpopuler adalah pizza dan pasta. Anda dengan mudah menemukan menu tersebut di berbagai negara, baik dengan rasa orisinal maupun sudah menyesuaikan dengan rasa lokal.

Pizza margherita bahkan menduduki posisi puncak di daftar makanan tradisional terbaik 2020 berdasarkan survei TasteAtlas. Di samping, mereka juga memiliki menu-menu andalan Focaccia Bares, Prosciutoo e funghi pizza, dan Gnocco fritto. Adapun, produk dan minuman terbaik seperti Prosciutto Crudo, Stracciata, Spaghettini, Amaronne della Valpolicella, Nero d’Avolla, Ristretto.

2. Yunani

Menyebut Yunani tentunya tak lepas dari nilai sejarah dan juga mitologinya. Terletak di ujung tenggara benua Eropa, negara yang berjuluk Negeri Para Dewa ini memiliki segudang peninggalan masa lampau yang menarik untuk ditelusuri, termasuk kekayaan kulinernya.

Di kesempatan ini, Yunani masuk dalam kategori masakan terbaik di dunia versi TasteAtlas dengan urutan kedua setelah Italia. Hidangan terbaik di Yunani terdiri dari Paidakia, Garides saganaki, dan Koulouri Thessalonikis. Untuk produk dan minuman terbaiknya ada Kalamat, Fystiki Aeginas, Masticha Chiou, Feta, Kasseri, Assyrtiko, Frappe, Metaxa, Ouzo, dan Greek Coffee.

3. Spanyol

Spanyol merupakan negara yang terkenal tradisinya dan olahan makanan laut yang khas. Selain itu, negeri matador itu juga kaya akan masakannya yang unik dengan ribuan varian dan rasa.

Dalam kategori masakan terbaik di dunia menurut TasteAtlas ini, Spanyol masuk dalam urutan ketiga yang meliputi Gambas a la plancha, Bocadillo serranito, Xato (saus). Sementara, produk dan minuman terbaik dari Spanyol yakni Jamon iberico de bellota, Calcot de Valls, Fuet, Albarino, Sidra de Asturias, dan Tempranillo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Portugis

Portugis kaya akan makanan lautnya. Seringkali masakan dimasak dengan cara sederhana tetapi kaya akan rasa, dan merupakan contoh utama dari makanan Mediterania.

Hidangan terbaik di Portugis menurut TasteAtlas seperti Alheira de Mirandela, Pastel de Belem, Leitao da bairrada, Bacalhau, Feijoada a portuguesa, Migas, dan Petiscos. Adapun produk dan minuman terbaik dari Portugis yakni Bacalhau de Cura Tradicional Portuguessa, Azeitas da Beira Interior, Sal de Tavira, Touriga Nacional, Port, dan Madeira.

5. Iran

Iran merupakan negara yang memiliki keragaman budaya, bangunan historis serta kuliner yang lezat. Selain itu, masakan Iran juga didominasi dengan buah-buahan ataupun kaya akan rempah-rempahnya.

Berikut hidangan terbaik di Iran menurut TasteAtlas seperti Pilaf, Kuku, Biryani, Abgoosht, Iranian Nougat, Zulbia, Tahchin, Tahdig, Korma, dan Chelow Kebab. Sedangkan, minuman terbaiknya ada Tayran.

6. Indonesia

Sudah tak diragukan lagi, masakan Indonesia merupakan salah satu kuliner yang paling kaya di dunia dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Bentuk penyajian umum sebagian besar makanan Indonesia terdiri atas makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur di atas piring.

TasteAtlas menyebut rawon, tempe mendoan, dan pecel sebagai hidangan terbaik. Meski begitu, satay lah yang menempati daftar 100 kuliner tradisional terbaik 2020 versi situs itu. Sementara, ada dua komoditas terbaik dari Indonesia yang disebut, yakni durian dan manggis.

3 dari 4 halaman

7. Kroasia

Kroasia merupakan negara di Eropa yang berbentuk menyerupai bulan sabit. Berada di dekat pantai,Republik Kroasia tentunya memiliki banyak hidangan laut segar nan lezat.

Mendapatkan urutan ketujuh dalam kategori masakan terbaik di dunia, berikut hidangan terbaik yang ada di Kroasia, Perkelt od soma, Juha su Struklima, dan Kruh ispod peke. Adapun produk dan minuman terbaiknya yakni, Slavonski kulen, Zagorski mlinci, Neretvanska mandarina, Babic, Posip, dan Istarska malvazija.

8. Amerika Serikat

Makanan khas Amerika Serikat memiliki keunggulan karena cita rasanya yang mudah diterima berbagai kalangan. Saking populernya, makanan Amerika merajalela di penjuru dunia, termasuk Indonesia, mulai dari hot dog, taco, sandwich dan masih banyak lagi.

Kali ini, TasteAtlas mengumumkan makanan Amerika Serikat terbaik terdiri dari Maine lobster, Chicago-style hot dog, chicken fingers, cupcake, burger, brownies, dan keju panggang. Sementara, produk kuliner terbaik adalah saus tabasco, jeruk Florida, dan pepperoni. Sedangkan, produk minuman terbaik adalah Root Beer, White Russian, dan Moscow Mule.

9. Jerman

Masakan Jerman biasanya didominasi oleh produk susu, keju, sosis, daging, dan kue-kue manis. Dalam daftar, TasteAtlas mengumumkan masakan terbaik terdiri dari Spanferkel, Presskopf, dan Jägerschnitzel. Sementara, produk minumannya tetap didominasi bir, yakni Bayerisches Bier dan Münchner Bier, kecuali Eiskaffee.

10. Prancis

Masakan Prancis terus berevolusi, bersamaan dengan perubahan sosial dan politik dipandang sebagai jenis kuliner yang elegan, dan penuh warna. Kesempatan kali ini, TasteAtlas membagikan makanan terbaik di Perancis, di antaranya seperti Truffade, Crepes Suzette, dan Tarte Flambe. Produk dan juga minuman terbaik di Perancis yakni Brie de Meaux, Ganache, Roquefort, Reblochon, Cognac, Champagne, Bordeaux, Mimosa, dan Burgundy. (Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Kuliner Khas Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.