Sukses

Heboh Influencer Rusia Berpose Tanpa Busana di Atas Gajah Sumatra

Sebagian memberi pujian pada sang influencer, sementara ada juga yang mengkritiknya karena dinilai berlaku kejam pada gajah.

Liputan6.com, Jakarta - Influencer asal Rusia dikecam. Ia nekat mengunggah foto tanpa busana di Instagram, sambil menunggangi gajah Sumatra di Bali. Aksinya pun viral di media sosial setelah mengunggah video tersebut pada 13 Februari 2021.

Di klip itu, sang influencer tengkurap di atas punggung gajah yang terlihat tengah mengibaskan ekor dan telinganya. Pada keterangan foto, putri mantan petenis nomor satu dunia Yevgeny Kafelnikov itu menuliskan sebuah kepsyen singkat, "Natural vibes (nuansa alami),"

Unggahan itu pun menuai kontroversi di kalangan sejumlah pihak, khususnya para aktivis lingkungan. Sebagian memberikan pujian dengan misinya untuk turut menjaga gajah di alam bebas. Namun, sisanya mengkritik karena dinilai telah berlaku kejam pada hewan mamalia besar tersebut.

"Gajah yang malang. Apakah Anda tidak malu berbaring telanjang di atas gajah? Ini merupakan makhluk hidup. Uang menutupi segalanya," komentar seorang warganet.

Sementara itu, juru bicara organisasi non-profit Save the Asian Elephants mengatakan pada SunOnline, seperti dilansir Rabu (17/2/2021), tindakan yang dilakukan sang influencer justru terlihat sangat ironis, mengingat gajah Sumatra sedang berada diambang kepunahan.

"Terlihat sepele sekaligus tragis, gajah Asia termasuk salah satu spesies yang sedang berjuang untuk keberadaannya melawan 'aksi-aksi brutal' dalam pariwisata dan 'hiburan' manusia," ujarnya.

Save The Asian Elephants merupakan gerakan yang menentang segala bentuk eksploitasi pada satwa liar, khususnya gajah, untuk kepentingan komersial dan segala jenis penyiksaan.

Status gajah sumatra sendiri telah berubah dari spesies genting jadi spesies terancam kritis, menurut World Wide Fund (WWF).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kejadian Sama di Bali

Tragedi infulencer Rusia sayangnya bukan yang pertama. Pada 2018 lalu, juga seorang influencer, sekaligus model Jessica Rast membagikan momen liburan di Bali.

Mengutip laman Daily Star, Jessica berpose tanpa busana di atas gajah. "Foto ini diambil dengan situasi tenang, ada pawang binatang yang membantuku mengambil foto," terang Jessica. Meski begitu, foto tersebut tetap dihujat, terutama oleh aktivis binatang.

Sederet organisasi pecinta binatang, seperti Humane Society of the US dan Associations of Zoos and Aquariums, telah lama mengecam wisata mengendarai gajah. Alasannya, gajah kerap disiksa oleh pawang binatang saat berlatih agar bisa dinaiki turis.

3 dari 3 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.