Sukses

Renyah! Ini Rahasia Memilih Kentang yang Enak Buat Digoreng

Alih-alih ingin membuat kentang goreng restoran, french fries yang dibuat di rumah pun hasilnya jauh dari sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, kalau berkumpul di rumah bareng keluarga atau sahabat, kentang goreng menjadi pilihan tepat untuk camilan. Untuk membuat kentang goreng atau french fries sempurna, sayangnya ada hal yang kita lewatkan. 

Banyak yang berpikir bahwa jenis kentang apa saja bisa digunakan untuk membuat kentang goreng renyah. Alih-alih ingin membuat kentang goreng restoran, french fries yang dibuat di rumah pun hasilnya jauh dari sempurna. 

Nah, kamu mau membuat french fries ala restoran di rumah? Ini rahasianya! Dikutip laman Chef Steps, kentang goreng yang ideal adalah yang berwarna cokelat keemasan, renyah di bagian luar, dan mengembang di bagian dalam, serta nggak terlalu berminyak. 

Para juru masak alias koki tahu, bahwa kentang terbaik yang direkomendasikan untuk dijadikan french fries adalah jenis Russet Burbank atau Maris Piper. Umumnya orang awam hanya tahu bahwa kentang yang cocok dijadikan kentang goreng adalah yang nggak terlalu basah atau terlalu kering. 

Yup, kentang yang terlalu basah memiliki kandungan padatan rendah dan cenderung memiliki tekstur lembek saat digoreng. Sementara kentang yang terlalu kering, cenderung lebih keras atau renyah saat digoreng. 

Ada metode sederhana untuk mencari kentang mana yang cocok untuk olahan french fries. Simak caranya berikut ini: 

  1. Siapkan 2 liter air, 210 gram garam
  2. Masukkan 90 gram gram ke dalam 1 liter air dan 120 gram garam ke dalam 1 liter air
  3. Masukkan setiap kentang ke dalam larutan 9% air garam. Kentang yang tidak terlalu basah harus tenggelam ke dalam larutan air garam
  4. Lalu masukkan kentang tersebut ke larutan 12%. Kentang yang tidak terlalu kering akan mengapung. 

Nah jenis kentang yang mengapung inilah yang cocok digunakan untuk jadi olahan french fries. Oh ya, ngomong-ngomong soal kentang goreng, jika kamu nggak sempat untuk membuat camilan ini, coba untuk memesan langsung french fries terfavorit. 

Cek juga, apakah lagi ada promo menarik. Misalnya ada promo menu-menu yang di bundling. Yup, dengan adanya promo bundling, kamu jadi hemat dan bisa menikmati beberapa menu sekaligus. Im Lovin' it banget deh!

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini