Sukses

6 Aroma Makanan yang Bisa Membantu Diet Anda Sukses

Aroma tertentu dapat mengurangi rasa lapar sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani diet untuk menurunkan berat badan memang bukan hal mudah. Butuh komitmen yang serius untuk bisa menjalaninya. Salah satu hal yang paling sulit adalah mengendalikan keinginan makan. Tidak mudah untuk membatasi asupan kalori, apalagi jika itu adalah makanan favorit Anda.

Mengontrol rasa lapar memang sulit, namun bukan sesuatu yang mustahil. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini seperti mengendus aroma tertentu. Bau atau wewangian memainkan peran penting dalam merangsang otak dan rasa lapar kita.

Aroma tertentu dapat mengurangi rasa lapar sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Dilansir dari Times of India, 14 Februari 2021, setidaknya ada enam jenis makanan yang bisa Anda hirup untuk mengurangi rasa lapar.

1. Apel dan Pisang

Apel termasuk buah yang sangat penting bagi Anda yang menjalani diet maupun pola hidup sehat. Makan apel bukan hanya bisa membantu menurunkan berat badan, mengendus apel terutama apel hijau pun juga bisa efektif. Hal itu juga berlaku untuk pisang.

Sebuah studi di Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS, mengungkapkan bahwa orang yang kelebihan berat badan yang mencium aroma pisang atau apel hijau saat lapar kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Itu karena aroma buah-buahan tersebut dapat meredam nafsu makan

2. Minyak zaitun

Makan makanan yang terbuat dari minyak zaitun dan menghirup minyak zaitun dapat meningkatkan perasaan kenyang. Minyak zaitun juga mengandung MUFA, lemak sehat yang dapat mengurangi lemak perut.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kimia Makanan Jerman, menemukan kalau orang yang mengonsumsi yogurt dengan ekstrak aromatik mengonsumsi lebih sedikit kalori dan merasa lebih kenyang. Sementara itu, kandungan serotonin merupakan hal utama yang menyebabkan minyak zaitun ekstra virgin dikaitkan dengan rasa kenyang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cokelat Hitam

Aroma cokelat hitam atau dark chocolate dapat mengontrol ghrelin, hormon yang mengatur nafsu makan dan mengirimkan sinyal ke otak saat Anda lapar.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010 menemukan bahwa mencium cokelat hitam menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan ngemil. Anda juga bisa menikmati cokelat hitam karena mengandung nutrisi seperti seng.

4. Jeruk Bali

Buah jeruk termasuk camilan yang disukai banyak orang dan juga kaya vitamin C. Selain itu, sejumlah penelitian mengatakan jika Anda mencium aroma jeruk, terutama jeruk bali atau pomelo sebelum memakannya, semakin meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda.

Peneliti yang dilakukan Osaka University itu melakukan uji coba pada tikus yang kehilangan nafsu makan ketika menghirup aroma buah dengan nama genus citrus tersebut. Penyebabnya, aroma dan kandungan pada jeruk berkaitan dengan enzim hati.

3 dari 4 halaman

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan super yang dikenal dengan khasiat obatnya. Selain itu, bawang putih ini juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mendukung penurunan berat badan Anda.

Menurut sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Flavor, aroma makanan yang kuat dapat membuat Anda makan lebih sedikit. Jika makan makanan yang mengandung bawang putih yang memiliki bau menyengat dan menyengat, Anda mungkin makan lebih sedikit. Hal yang sama juga berlaku untuk cabai.

6. Minyak peppermint

Aroma peppermint bukan hanya membantu meningkatkan kejernihan atau fokus Anda, tetapi juga dapat mengurangi rasa lapar. Itu karena minyak peppermint telah dikaitkan dengan stimulasi saraf trigeminal. Mencium minyak ini satu atau dua kali dalam sehari juga membantu meningkatkan metabolisme Anda.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.