Sukses

5 Cara Mudah Bikin Kimchi Pedas di Rumah

Anda penggemar berat kimchi? Kini, Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda pecinta makanan Korea, tentu tidak asing dengan kimchi. Makanan pendamping tersebut dibuat menggunakan proses fermentasi lakto untuk membuat acar sayuran.

Dilansir dari laman PinkVilla, Senin (15/2/2021), kimchi biasanya dibuat dari kubis dengan rasa yang kuat dan kaya. Bukan tanpa alasan, namun karena kimchi berisi campuran daun bawang, bawang putih, hingga bumbu jahe di dalamnya.

Kimchi juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan karena membantu menurunkan kolesterol dan mencegah obesitas. Sajian ini juga mengandung vitamin A, B, dan C serta kaya akan kandungan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Anda dapat membuat kimchi sendiri di rumah dengan cara yang mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah didapat.

Bahan-bahan Kimchi:

Kubis hijau

Garam

Gula

2-3 siung bawang putih

3 sdt Gochugaru (serpihan cabai merah Korea)

1 sdt jahe

2 wortel yang diiris tipis

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kimchi

1. Potong kubis hijau jadi potongan-potongan kecil dan campur dengan garam dalam mangkuk. Tutupi mangkuk dan diamkan selama 5-7 jam sampai daun kubis mengeluarkan cairannya.

2. Campurkan 2-3 siung bawang putih, gula, tiga sendok teh Gochugaru (serpihan cabai merah Korea), satu sendok teh jahe, dan dua wortel yang diiris tipis untuk membuat pasta halus. Anda juga dapat menggunakan 1 sdt Sriracha sebagai pengganti Gochugaru.

3. Setelah kubis siap, saring cairannya dan sisihkan. Campur daun kubis dengan pasta yang sudah disiapkan dan tempatkan dalam stoples transparan dan tuangkan cairan kubis. Tambahkan air di atasnya jika perlu.

4. Tutup rapat stoples dan pastikan tidak ada kantong udara agar sayuran dapat berfermentasi dengan baik. Simpan stoples di tempat yang sejuk tanpa sinar matahari langsung selama 2-5 hari.

5. Cicipi kimchi setiap hari untuk mengetahui kapan sudah siap dan terus tekan daunnya agar tetap tertutup cairan. Saat Anda merasa sudah mengembangkan rasa pedas dan cukup matang, pindahkan stoples ke dalam lemari es.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.