Sukses

Sepatu Eksklusif Barack Obama Saat Jadi Presiden Dilelang Mulai dari Rp 350 Juta

Sepatu tersebut terdiri dari dua pasang, yang sepasang sudah diberikan kepada Barack Obama dan satunya lagi akan dijual.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah lelang Sotheby's New York, Amerika Serikat (AS) akan mengadakan lelang sepasang sepatu sneakers yang awalnya dirancang untuk mantan Presiden AS Barack Obama. Sepatu basket eksklusif Nike Hyperdunk keluaran Nike tersebut dirancang pada 2009 untuk menghormati kecintaan Obama pada olahraga basket.

Sepatu tersebut sebenarnya terdiri dari dua pasang, tapi yang sepasang sudah diberikan kepada Barack Obama dan satunya akan dijual. Mengutip Artnet News, Jumat 12/2/2021), lelang sepatu diadakan menjelang President’s Day Weekend yaitu hari libur federal untuk menghormati para Presiden AS, yang diadakan pada setiap hari Senin ketiga bulan Februari.

Sepatu itu akan ditawarkan dengan harga dasar mulai dari 25 ribu dolar AS atau sekitar Rp 350 juta. Sesuai ukuran kaki Obama, sepatu ini hanya tersedia dalam size US 12.5.

Menurut Sotheby, sepatu ini sudah dipajang di showroom rumah lelang tersebut di New York Avenue, sejak 8 Februari 2021. Penawaran dari sepatu istimewa ini juga akan dimunculkan dalam channel "Buy Now" di laman resmi Sotheby.

Pihak Sotheby tidak akan mengungkapkan siapa yang mendaftarkan sepatu itu ke balai lelang. Namun saat ditanya bagaimana sepatu itu diautentikasi, Brahm Wachter, direktur pengembangan e-Commerce untuk Sotheby's, mengatakan perusahaan yakin sepatu itu diproduksi oleh Nike.

"Sepatu ini memang tidak dikenakan langsung oleh Obama, tapi merupakan satu-satunya sampel Nike yang terkonfirmasi dan telah disimpan dengan kondisi yang sangat baik selama 12 tahun terakhir," terang Watcher.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Detail Ekslusif

Yang pasti, berbeda dari edisi Hyperdrunk PE yang ada di pasaran, sepatu Obama ini dilengkapi dengan sejumlah detail eksklusif yang menandakannya sebagai sepatu signature Obama.

Sepatu kets putih yang mahal ini memiliki tanda tangan Nike "swoosh" dengan detail biru tua dan logo presiden di penutup lidah. Angka "44" dengan jahitan biru dan merah juga dibordir di sisi dalam setiap sepatu. Angka itu melambangkan Obama sebagai Presiden ke-44 AS.

Kemudian, pada bagian dalam tercetak gambar elang botak di samping grafik "1776" untuk memberi simbol penghormatan pada tahun kemerdekaan AS. Sementara itu, sesi pelelangan rencananya akan dimulai pada Jumat (12/2/2021) mulai pukul 16.44 waktu setempat.

Barack Obama memang pecinta basket sejak muda. Sneaker Hyperdunks ini bukanlah sepatu pertama yang dirancang dengan inspirasi darinya. Sebelumnya, ada sneaker Curry 4 dengan logo O untuk Obama selama pertandingan klub basket Golden State Warriors pada 2018 lalu.

3 dari 3 halaman

Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.