Sukses

Menara Eiffel Bakal Disulap Jadi Warna Emas untuk Olimpiade 2024

Pengerjaan Menara Eiffel ini menelan biaya yang fantastis.

Liputan6.com, Jakarta - Kemegahan Menara Eiffel di Paris, Prancis telah memikat wisatawan dari seantero jagat. Namun, Menara Eiffel akan berubah tampilan menjelang perhelatan akbar Olimpiade 2024.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Jumat (12/2/2021), selama beberapa tahun mendatang, kru akan menghilangkan cat dan karat pada Menara Eiffel sebelum mengaplikasikan lapisan baru cat emas. Hal tersebut akan menyuguhkan transformasi menara yang berkilau.

Menurut Lonely Planet, menara ini telah dicat sebanyak 19 kali selama bertahun-tahun dengan nuansa oranye terang, hijau, dan kuning. Hal ini berarti kemungkinan besar jadi waktu yang tepat untuk pembersihan menyeluruh.

Setelah proses pembersihan, kemudian mengulangi cat dengaan warna kuning-cokelat yang diperbarui untuk membuatnya bersinar keemasan.

"Mengapa Gustave Eiffel memilih kuning-cokelat? Mungkin Menara Eiffel akan menggemakan seluruh kota Paris, dengan rumah-rumah batunya yang terbuat dari batu kapur," kata Pierre-Antoine Gatier, kepala arsitek untuk monumen bersejarah Prancis, kepada Hong Kong Tatler.

"Ini akan memberi warna emas pada Menara Eiffel daripada warna yang biasa kita lihat, pada saat Olimpiade," kata CEO perusahaan yang mengoperasikan menara itu, Patrick Branco Ruivo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prediksi Pengerjaan

Pemolesan ini akan menelan biaya sekitar 50 juta Euro atau setara Rp847 miliar. Ini juga dapat menjadi tugas yang agak berbahaya bagi kru, mengingat bahaya pengelupasan cat lama yang mungkin mengandung timah.

Pekerjaan ini kemungkinan akan selesai pada 2022 mendatang, jauh sebelum pertandingan dimulai. Ini akan membuat Menara Eiffel berfungsi sebagai latar belakang yang menakjubkan untuk triatlon dan acara renang di perairan terbuka, lapor Time Out.

Daerah sekitarnya juga akan berfungsi sebagai tempat untuk acara hiburan selama pertandingan. Juga, menjadikan perubahan emas itu semakin penting.

3 dari 3 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.