Sukses

Saat Para Tenaga Kesehatan Jalan-Jalan Gratis Lihat Binatang di Ancol

Sebanyak 50 tenaga kesehatan (nakes) dari berbagai rumah sakit di Jakarta diajak berjalan-jalan gratis di salah satu wahana di Ancol.

Liputan6.com, Jakarta - Mengapresiasi para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah berjuang menangani para pasien Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak mereka berwisata ke Faunaland Ancol. Tahap pertama, 50 orang nakes dari berbagai rumah sakit di Jakarta diajak serta pada Rabu, 10 Februari 2021.

Di Faunaland, para nakes yang berasal dari RSUP Persahabatan, RS Sulianti Saroso, RSPAD, RSCM, dan RSAL Mintohardjo diajak melihat koleksi satwa yang ada di mini zoo. Mereka juga menyaksikan pertunjukan burung yang atraktif.

"Saya mewakili teman-teman nakes ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sandiaga Uno dan Kemenparekraf. Sudah setahun kami tidak pernah liburan kita tidak pernah melihat dunia lain," kata Laura, seorang nakes di RSUP Persahabatan, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 11 Februari 2021.

Faunaland berdiri pada 2016 sebagai lembaga konservasi berbasis ecotourism dan edutourism. Lokasinya yang berada di Jakarta diharapkan dapat menjadi jendela dunia untuk memamerkan kekayaan alam dan hayati di Indonesia. Indonesia memiliki keanekaragaman biodiversitas terbesar ketiga di dunia dengan lebih dari 200 ribu spesies yang hidup di dalamnya.

"Kami berharap bisa lebih giat dalam memamerkan flora dan fauna yang kita miliki yang begitu luar biasa. Serta berkolaborasi dengan Kemenparekraf agar bisa dijadikan aset-aset pariwisata sehingga bisa mendatangkan dan penghasil devisa bagi Indonesia, katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan acara jalan-jalan ke Ancol merupakan bentuk terima kasih pemerintah terhadap kerja keras para nakes dalam melawan Covid-19. Ia berharap melalui kegiatan tersebut, bisa saling menyemangati satu sama lain dan bangkit dari pandemi.

"Saya memahami bagaimana lelahnya para nakes yang berada di garda terdepan melawan COVID-19. Mereka melayani masyarakat tanpa kenal waktu dan kadang harus tidak ketemu keluarga tercinta," kata Menparekraf.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Dilanjutkan

Sandiaga mengungkapkan ide mengajak jalan-jalan para nakes tercipta setelah berdiskusi dengan Kepala BNPB Doni Monardo, beberapa waktu lalu. Saat itu, mereka membahas cara memotivasi para nakes yang berjam-jam memakai alat pelindung diri (APD).

"Dan pasti sangat lelah sehingga perlu sesekali rehat sejenak," kata dia.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilanjutkan dalam 20 periode berikutnya. Kegiatan itu ditujukan bagi para nakes di rumah sakit se-Jabodetabek. Ia berharap ide tersebut juga bisa diikuti pelaku usaha lainnya.

Selain menemui para nakes, Menparekraf juga mengecek langsung protokol kesehatan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE) di Faunaland. Dengan begitu, pengunjung bisa merasa aman dan nyaman saat melihat atraksi-atraksi satwa yang berada kebun binatang yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol itu.

"Kesiapan Faunaland untuk menerapkan CHSE. Berkat kerja sama semua agar program-program di DKI Jakarta bisa kita bangkitkan dan kita pulihkan dengan protokol yang ketat dan disiplin," katanya. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Pro Kontra Perluasan Ancol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.