Sukses

Sopan Santun Menerima Angpau Saat Tahun Baru Imlek, Jangan Sampai Diabaikan

Angpau Tahun Baru Imlek merupakan salah satu cara untuk mengirim ucapan selamat dan keberuntungan (serta uang). Saat menerimanya, ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek sangat lekat dengan adanya pemberian amplop merah yang telah berisi uang untuk anak-anak dari orangtua atau kakek nenek. Amplop merah ini disebut hongbao (angpau) dalam bahasa Mandarin.

Dilansir dari laman China Highlights, Kamis, 11 Februari 2021, orang Tionghoa menyukai warna merah dan menganggap merah sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. Mengirim angpau jadi salah satu cara untuk mengirim ucapan selamat dan keberuntungan (serta uang).

Sebenarnya yang penting dari amplop merah adalah kertas merahnya, bukan uang di dalamnya. Membungkus uang keberuntungan dalam amplop merah diharapkan dapat memberikan lebih banyak kebahagiaan dan berkah bagi penerimanya.

Maka itu, tidak sopan membuka angpau di depan orang yang memberikan kepada Anda. Angpau Imlek adalah hadiah tradisional untuk anak-anak selama Imlek.

Mereka yang menerima amplop merah mengharapkan tahun yang aman dan damai lagi. Secara tradisional, jika Anda telah menghasilkan uang, inilah saatnya memulai pengalaman Anda memberikan angpau Tahun Baru Imlek.

Umumnya jumlah uang yang dibungkus dengan angpau tergantung pada penghasilan Anda. Namun, ada kebiasaan jika belum menikah, Anda tidak perlu memberi angpau kepada orang lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Menerima Angpau

Biasanya, pada malam Tahun Baru Imlek atau hari tahun baru, orangtua akan menyiapkan angpau dan memasukkannya ke dalam saku anak. Angpau biasanya diberikan dan diterima hanya di antara keluarga.

Sementara di beberapa daerah pedesaan, biasanya Anda harus memberikan angpau kepada setiap anak yang Anda temui selama periode Tahun Baru. Untuk menerima angppau, selalu terima angpau Anda dengan kedua tangan.

Tidak sopan menerima amplop merah hanya dengan satu tangan. Lalu, Anda harus mengucapkan terima kasih dan menyapa pemberi dengan kalimat yang menyenangkan dan penuh keberuntungan.

Jangan pernah membuka amplop merah Anda di depan orang yang baru saja memberikannya kepada Anda. Anda harus melakukannya secara pribadi atau saat Anda tiba di rumah.

3 dari 3 halaman

5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.