Sukses

6 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan yang Cocok Jadi Kado Imlek

Pepatah China mengatakan bunga yang mekar akan membawakan kekayaan, maka memberikan tanaman hias bisa jadi kado Imlek yang sangat berarti.

Liputan6.com, Jakarta - Imlek atau Tahun Baru China kali ini jatuh pada Jumat, 11 Februari 2021. Momen istimewa itu rasanya tak lengkap untuk saling berbagi kado Imlek sebagai wujud kebahagiaan.

Pepatah China pernah menyebut bahwa 'bunga yang mekar akan membawakan kekayaan'. Maka itu, memberikan bunga atau tanaman hias yang mekar sebagai kado Imlek adalah pilihan yang tepat.

Ada beragam jenis tanaman yang dipercaya mendatangkan keberuntungan. Berikut enam tanaman hias yang diyakini dapat membawa keberuntungan dan kekayaan, dilansir dari Woman Weekly, Selasa, 9 Februari 2021.

1. Bunga Aprikot

Bunga aprikot atau dikenal pula sebagai cherry blossom merupakan tanaman yang sering dicari selama Tahun Baru Imlek. Alasannya, tanaman hias ini diyakini dapat mengantarkan keberuntungan bagi siapa saja yang menerimanya.

Bunga aprikot memiliki warna kuning cerah yang khas. Saat berguguran, bunga aprikot terlihat seperti emas yang berserakan di lantai. Karenanya, di China disebut pula sebagai huang jing atau emas di seluruh lantai.

 

2. Adenium

Untuk merayakan Imlek, bunga adenium biasanya dipilih yang berwarna merah dan merah muda. Selain cantik, warna merah pada bunga adenium dianggap menguntungkan.

Dikenal sebagai fu gui hua atau tanaman kekayaan, adenium merupakan pilihan terpopuler selama merayakan Imlek. Semakin besar batangnya, maka semakin banyak kemakmuran yang didapatkan.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Flamingo Lily

Tanaman hias bunga flamingo lily kerap dijadikan hadiah Imlek. Bunganya yang kecil dan berwarna merah dipercaya dapat melambangkan kemakmuran.

Selain dipercaya dapat memberi kemakmuran, flamingo lily juga dapat menghilangkan zat beracun dan amonia dari udara. Jika dirawat dengan baik, flamingo lily mampu bertahan hingga Hari Valentine tiba.

 

4. Azalea

Tanaman hias ini memiliki bunga yang cantik dan sering mekar. Bunga ini biasanya dianggap sebagai simbol dari harmoni. Bunga azalea memiliki warna pink cerah yang mencolok.

Jika Anda ingin memberikan bunga ini untuk orang tua, sebaiknya simpan bunga azalea di tempat yang sedikit teduh seperti balkon. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari agar tanah tetap lembap.

 

 

3 dari 4 halaman

5. Pohon Kumquat

Pohon kumquat merupakan salah satu tanaman yang kerap dijadikan dekorasi saat perayaan Imlek. Anda juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai hadiah untuk diberikan kepada kerabat atau keluarga tersayang. Dalam mitologi China, tanaman ini kerap disimbolkan sebagai pohon keberuntungan yang bisa mengantarkan kekayaan.

 

6. Marigold

Bunga marigold merupakan sekumpulan bunga yang memiliki warna oranye terang dan cerah. Tanaman hias ini juga sering digunakan sebagai hadiah untuk perayaan Imlek. Warnanya yang cerah membuat marigold mendapat julukan wan shou ju, yang dalam Bahasa Mandarin berarti umur panjang. (Melia Setiawati)

4 dari 4 halaman

Serba-serbi Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.