Sukses

Penumpang Pesawat Cathay Pacific Boleh Tak Pakai Masker, tapi...

Sejak Mei tahun lalu, Cathay Pacific sebenarnya telah menerapkan aturan memakai masker bagi penumpang di semua tahap perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pakai masker telah jadi salah satu syarat wajib bagi penumpang pesawat selama pandemi COVID-19. Namun, kebijakan baru maskapai Cathay Pacific justru membebaskan penggunaan masker bagi penumpang, tapi dengan syarat.

Cathay Pacific akan membebaskan penumpang pesawat kabin premium dari penggunaan masker. Karenanya, aturan itu hanya berlaku bagi penumpang yang terbang di kelas bisnis dan kelas satu.

Namun, pembebasannya juga tak sembarang. Penumpang hanya boleh melepaskan masker saat rebahan atau posisi kursi dalam keadaan datar sepenuhnya.

Melansir Executive Traveller, Rabu (10/2/2021), pembebasan penggunaan masker dalam posisi tersebut, kata pihaknya, karena mereka memiliki pembatas kursi tinggi yang mengelilingi suite kelas bisnis dan kelas satu.

Suite kelas satu memiliki ruang pribadi dan jarak lebih besar antarpenumpang. Dengan begitu, pihaknya mengklaim ada jarak udara yang besar di antara penumpang kelas tersebut.

Maskapai yang berbasis di Hong Kong ini pada 15 Mei 2020 lalu sebenarnya telah mewajibkan penggunaan masker bagi penumpang di semua tahap perjalanan. Termasuk dalam rentetan prosesnya adalah check-in, menunggu di lounge, serta ketika melakoni penerbangan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Desain Baru Kelas Premium

Kebijakan baru soal pembebasan penggunaan masker dengan syarat tersebut dikeluarkan dalam memo internal Cathay Pacific. Seorang juru bicara maskapai telah mengkonfirmasi bahwa aturan penggunaan masker memang "dilonggarkan."

"Pesawat kami dilengkapi sistem filtrasi yang mampu menyaring 99,9999 persen partikel debu, termasuk virus dan bakteri," tegas jubir maskapai.

Akibat pandemi, mereka menunda pengiriman jet Boeing 777-9 untuk generasi baru kelas bisnis dan first class. Boeing 777-9 sebelumnya akan bergabung dengan armada Cathay 2021--2024. Namun, karena krisis keuangan, semuanya ditunda setelah tahun 2025.

Nantinya, Boeing 777-9 akan dimahkotai kabin kelas satu yang serba baru, serta lebih luas dari suite kelas satu saat ini. Juga, bakal ada mock up boks bayi pribadi berdinding tinggi. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.