Daftar Negara Teraman di Dunia 2021 versi Global Peace Index, Siapa Wakili Asia?

Oleh Komarudin pada 10 Feb 2021, 11:16 WIB
Diperbarui 10 Feb 2021, 11:17 WIB
Ilustrasi Islandia
Perbesar
Ilustrasi Islandia (dok.unsplash/ Josh Reid)

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin liburan ke luar negeri pada 2021 ini? Laporan Global Peace Index mungkin bisa jadi pertimbangan.

Global Peace Index adalah peringkat negara-negara teraman di dunia. Dalam laporannya yang diterbitkan setiap tahun oleh Institute for Economics and Peace ini meneliti negara-negar yang paling aman di dunia, tak terkecuali negara-negara yang paling berbahaya. Laporan tersebut mencakup 163 negara di seluruh dunia.

Dilansir dari World Population Review, Selasa, 9 Februari 2021, sejumlah faktor yang menentukan negara teraman di dunia. Pertama, faktor konflik internasional dan domestik yang sedang berlangsung. Kedua, faktor keselamatan dan keamanan masyarakat. Ketiga, faktor militerisasi.

Sementara untuk penysunan laporan itu digunakan faktor-faktor, seperti jumlah konflik kekerasan internal dan eksternal, tingkat kepercayaan, potensi aksi teroris, jumlah pembunuhan, pengeluaran militer sebagai persentase dari pendapatan domestik bruto (PDB).

Berdasarkan faktor-faktor ini, skor dihitung untuk masing-masing dari 163 negara yang ditampilkan dalam laporan. Semakin rendah nilainya, semakin tinggi peringkat negara dalam hal keamanan.

Mayoritas dari 25 negara teraman teratas adalah negara-negara Eropa, khususnya negara-negara Nordik. Eropa adalah satu-satunya benua yang tidak mengalami penurunan keselamatan sejak 2009.

Norwegia, Swedia, Denmark, Islandia, dan Finlandia semuanya berada di 25 negara teraman teratas. Maka itu, wilayah ini dianggap sebagai yang teraman di dunia. Tingkat pembunuhan di wilayah ini 0,8 insiden per 100 ribu penduduk. Kelima negara Nordik ini juga berada di 10 besar negara paling bahagia di dunia juga.

Wilayah paling umum kedua di 25 besar adalah Asia. Baik Asia maupun Eropa memiliki tingkat pembunuhan sekitar tiga per 100.000 penduduk.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar 10 Negara Paling Aman di Dunia

Ilustrasi Islandia
Perbesar
Ilustrasi Islandai (dok.unsplash/ Alin Rusu)

1. Islandia

2. Selandia Baru

3. Portugal

4. Austria

5. Denmark

6. Kanada

7. Singapura

8. Republik Ceko

9. Jepang

10. Swiss

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓