Sukses

Kenapa Pesawat Terbang Dilarang Melintasi Kakbah?

Kakbah di Mekkah termasuk dalam daftar area yang tidak boleh dilewati pesawat terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang banyak dipilih karena dianggap lebih cepat dan aman dibandingkan dengan jenis transportasi darat maupun laut  Namun, pesawat tak bisa sembarangan melintasi tempat-tempat di dunia dengan beragam alasan. Tempat yang tidak boleh dilewati pesawat terbang ini dikenal dengan istilah 'no-fly zone' atau zona larangan terbang.

Maskapai penerbangan maupun pilot harus mematuhi aturan tersebut saat menerbangkan pesawat. Salah satu lokasi yang tidak boleh dilintasi adalah Kakbah di Mekkah, Arab Saudi.

Anda yang sempat menginjakkan kaki di Tanah Suci mungkin bertanya-tanya, kenapa tidak ada pesawat yang mengudara di atas Kakbah. Pemerintah Arab Saudi ternyata melarang ada pesawat terbang melintasi Mekkah. Dikutip dari The Islamic Information, 9 Februari 2021, sebuah teori menunjukkan bahwa ada gelombang magnet besar yang terpancar di atas Kakbah.

Kalau area tersebut dilintasi pesawat, maka bisa mengacaukan sistem navigasi pesawat dan mengancam keselamatan pesawat. Selain itu, sebuah teori juga menunjukkan bahwa Kakbah adalah pusat titik Bumi.

Letak Kakbah yang berada di tengah kutub selatan dan kutub utara membuatnya disebut sebagai “Zero Magnetism Area” dan menjadi pusat Bumi. Hal itulah yang membuat pesawat dan burung tidak bisa terbang di atas Kakbah.

Meski begitu, teori adanya gelombang magnet di atas Kakbah belum bisa dibuktikan secara pasti. Pendapat itu juga ditepis oleh seorang pilot sekaligus pengamat penerbangan Arab Saudi, Hasan Al-Ghamidi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenyamanan Beribadah

Menurut Ghamidi, ada regulasi yang mengatur penerbangan dan lintasan pesawat di Arab Saudi. Dilansir TV Orient-news.net, Hasan mengatakan kalau peraturan yang melarang pesawat terbang di sekitar Kakbah semata untuk kenyamanan para jemaah yang beribadah.

Selain itu, lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, suara mesin yang dapat memantul, dan gema suara mesin pesawat dianggap dapat menghambat konsentrasi para jemaah dan mengganggu kekhusyukan ibadah mereka.

Bukan itu saja, suara mesin pesawat juga dikhawatirkan dapat membuat para jemaah, terutama yang punya riwayat sakit jantung. Pelarangan ini rupanya bukan hanya bagi yang melintas di atas Kakbah, tetapi juga untuk seluruh Kota Mekkah.

Larangan itu juga diperkuat dengan alasan adanya orang nonmuslim yang mungkin berada di pesawat. Seperti yang kita ketahui, orang nonmuslim dilarang memasuki wilayah kota suci Mekkah, sekalipun ia berada di dalam pesawat.

3 dari 3 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.