Sukses

8 Cara Memelihara Kelinci, Siapkan Mainan dan Perhatikan Perilakunya

Kelinci tak hanya suka wortel, mereka juga menyantap beragam makanan, dan juga suka mainan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang mencari hewan peliharaan di rumah? Kelinci bisa jadi pilihan menarik. Banyak orang memelihara kelinci karena lucu dan menggemaskan. Bulunya yang lembut membuat kelinci sangat nyaman dijadikan teman main di halaman rumah.

Di sisi lain, kelinci memiliki sifat yang unik. Mereka punya kebutuhan khusus untuk menjalani hidup yang bahagia dan sehat. Untuk memeliharanya, tentu butuh pengetahuan tentang cara merawat kelinci dengan baik, karena membutuhkan ketelatenan dan kesungguhan.

Berikut sembilan cara merawat kelinci yang susah-susah gampang, dilansir dari laman Myhouserabbit, 4 Februari 2021.

1. Siapkan Kandang

Ada beberapa pilihan untuk memeilihara kelinci, bisa dipelihara di luar atau di dalam rumah. Mereka bisa ditempatkan di dalam kandang besar. Kalau dikurung, mereka dapat melompat-lompat dengan leluasa, tapi mereka harus dikeluarkan dari kandang setidaknya beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Pastikan lokasi kandang kelinci tidak terisolasi dari Anda dan keluarga.

2. Periksa Area untuk Ruang Kelinci

Kelinci membutuhkan ruang untuk berlarian dan berolahraga. Untuk menciptakan tempat yang aman bagi kelinci, Anda perlu memeriksa area tersebut secara menyeluruh, untuk melindungi barang-barang Anda. Sebab, kelinci suka menggerogoti benda-benda yang disekitarnya. Sebaiknya tutupi barang-barang Anda dengan pelindung plastik.

3. Makanan Kelinci

Kelinci tak hanya makan wortel. Mereka juga punya beragam makanan, salah satunya adalah jerami. Mereka suka jerami yang segar, terutama bayi kelinci. 

Untuk bayi kelinci sebaiknya diberi jerami jenis alfafa dan kelinci dewasa diberi pakan timothy, grass atau oat. Jaga jerami tetap kering supaya kelinci tetap nyaman. Berikan juga mereka sayuran dan buah-buahan seperti daun kangkung, seledri, apel, papaya dan tomat.

Karena kelinci punya pencernaan yang kompleks. sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat. Jangan lupa juga beri mereka air putih secukupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Sediakan Kotak Kotoran

Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air besar dan air kecil di satu area. Siasati hal ini dengan menyiapkan kotak kotoran berukuran sedang.

Siapkan didekat mangkuk makanan atau air dan tempat pakan jerami. Jangan menggunakan serutan kayu,dibagian bawah kotak kotoran karena tidak aman untuk kelinci.

5. Siapkan Mainan

Kelinci bisa mudah bosan. Mereka tidak hanya butuh ruang untuk berolahraga, tapi juga membutuhkan mainan agar menarik minatnya. Kastil karton sangat bagus karena kelinci menghabiskan berjam-jam untuk mengunyah. Kastil karton meberikan perlindungan yang aman bagi kelinci bila diperlukan.

6. Rawat Kelinci Sepenuh Hati

Kelinci adalah hewan yang bersih secara alami dan sering membersihkan dirinya sendiri. Namun, Anda tetap perlu merawat kelinci secara rutin dan sepenuh hati.

Kelinci mengalami siklus berganti bulu beberapa kali dalam setahun. Maka penting untuk menyikat kelinci untuk menghilangkan semua bulu berlebihan. Jika tidak, kelinci Anda bisa menelannya dan mengalami masalah pencernaan yang serius.

3 dari 4 halaman

7. Bawa ke Dokter Hewan

Kelinci merupakan hewan mangsa, sehingga naluri alami mereka adalah menyembunyikan gejala penyakit. Anda harus tetap waspada untuk memastikan kelinci Anda makan, minum, buang air besar, dan kencing secara teratur. Jika Anda melihat adanya perubahan perilaku, sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

8. Pahami Perilaku Unik Kelinci

Terakhir, kelinci peliharaan sangat berbeda dengan kucing dan anjing. Sangat penting untuk memahami cara berpikir mereka sehingga kelinci peliharaan Anda dapat hidup dengan baik.

Dengan memenuhi kencederungan alami kelinci, Anda dapat membangun hubungan yang penuh kepercayaan dan penuh kasih sayang dengan kelinci. Hal ini sangat penting untuk dipahami agar kelinci Anda tidak mengalami gejala penyakit.  (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.