Sukses

Tersedia di 2 Stasiun, Simak Langkah-Langkah Pemeriksaan GeNose C19

Sebelum menjalani pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta, ketahui dahulu langkahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemeriksaan GeNose C19 saat ini dapat dilakukan para calon penumpang sebelum naik kereta api jarak jauh. Untuk tahap awal, layanan ini baru tersedia di dua stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

Sebelum menjalani pemeriksaan GeNose C19, ada beberapa hal yang perlu diketahui para calon penumpang. Salah satu yang terpenting adalah langkah-langkah pemeriksaan di stasiun seperti yang dibagikan melalui unggahan di akun Instagram resmi Layanan Pelanggan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero).

Pertama, tunjukkan kode booking pada saat registrasi, lakukan pembayaran dan petugas akan memberikan kantong napas. Pastikan nama Anda telah tercantum pada label kantong udara.

Kedua, tidak mengonsumsi makanan dan minuman 30 menit sebelum pengambilan sampel napas. Ketiga, buka katup T-Valve pada kantong napas sebelum diembuskan.

Keempat, calon penumpang diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak tiga kali (tetap menggunakan masker). Kemudian, saat pengambilan napas ketiga, langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh.

Kelima, tutup kembali kantong T-Valve, saat kantong udara sudah penuh. Keenam, serahkan kantong udara ke petugas dan silakan menunggu hasil pemeriksaan GeNose C19 Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Pemeriksaan GeNose C19

PT KAI (Persero) menghadirkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mulai 5 Februari 2021. Penggunaan GeNose C19 menjadi salah satu pilihan syarat pemeriksaan naik kereta api jarak jauh.

Meski baru di dua stasiun, secara bertahap layanan ini akan ada di stasiun-stasiun besar lainnya. Layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun tersebut diperuntukkan khusus bagi pelanggan kereta api dengan tarif pre launching sebesar Rp20 ribu.

Sebelum menjalani pemeriksaan GeNose C19, ada syarat yang juga harus diketahui, meliputi calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, dan dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas.

Pelanggan juga diimbau untuk menjalani pemeriksaan GeNose C19 H-1 sebelum keberangkatan. Langkah ini direkomendasikan guna menghindari antrean dan tertinggal kereta.

3 dari 3 halaman

GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.