6 Kegiatan Seru di Luar Ruang Saat Musim Hujan, Tak Perlu Main Jauh-Jauh dari Rumah

Oleh Dinny Mutiah pada 09 Feb 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 09 Feb 2021, 07:30 WIB
7 Kegiatan Seru di Luar Rumah Saat Musim Hujan, Tak Perlu Main Jauh-Jauh Kok
Perbesar
Ilustrasi anak main hujan. (dok. Victoria Borodinova/pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan tiba. Di antara kekhawatiran akan banjir dan longsor, musim ini semestinya disambut gembira, bukan dihindari. Tanpa hujan, kehidupan di muka Bumi akan berhenti dan kering.

Agar semakin dekat dengan alam, Anda bisa menantang diri untuk berkegiatan di luar rumah. Tak perlu jauh-jauh, cukup manfaatkan lingkungan sekitar rumah saja.

Apa saja aktivitas seru luar ruang yang bisa dijajal di musim hujan? Liputan6.com merangkumnya seperti dilansir dari laman ventureoutdoors.org, Senin, 8 Februari 2021.

1. Bermain di luar tanpa alas kaki

Siapa yang tak pernah merasakan main lumpur sambil hujan-hujanan saat masih kecil? Bila tak sempat, mungkin inilah kesempatannya. Sambil membaui alam bebas, Anda bisa melepas sepatu dan berjalan di atas rumput serta membiarkan lumpur menyelip di sela-sela jari kaki.

Pastikan tanah yang Anda pijak bersih dari kotoran ya. Jangan paksakan bila Anda tak mau mengundang penyakit masuk ke dalam tubuh. Setelah puas bermain-main, langsung mandi dengan sabun sampai bersih. 

2. Membuat karya seni

Lumpur bisa menjadi media yang menarik untuk membuat karya seni. Buatlah sesuatu dari lumpur seperti boneka yang dihiasi ranting dan batu. Atau, Anda bisa mengoleskan lumpur ke wajah dan berlarian di bawah hujan hingga terhapus. 

Tetapi bila tak ingin terlalu kotor-kotoran, Anda bisa mencoba alternatif lain. Misalnya dengan menggambar trotoar atau carport depan rumah dengan menggunakan lumpur, selanjutnya biarkan hujan membersihkan tempat itu. 

2 dari 4 halaman

3. Buat Orkestra Musik

ilustrasi percikan hujan.
Perbesar
ilustrasi percikan hujan. (Pixabay)

Hujan adalah saat yang tepat untuk bereksperimen dengan suara. Ciptakan orkestra dari suara hujan dengan menggunakan benda-benda di sekitar rumah, seperti pot, panci, mangkuk plastik, atau benda dari kayu. Tata di area terbuka. Ketika hujan mulai turun, dengarkan orkestra buatanmu sendiri dari halaman rumah.

4. Karaoke di Tengah Hujan

Siapa yang terpikir ingin bernyanyi di tengah hujan? Anda kini bisa melakukannya. Kenakan busana terbaik dan pilih musik favorit, kini Anda bisa berkaraoke di tengah suara hujan. Meski hanya beberapa menit, kesenangan yang ditimbulkan bisa membangkitkan hormon endorfin.

5. Meditasi

Bila Anda membutuhkan ketenangan, cobalah untuk bermeditasi sambil mendengarkan suara hujan. Siapkan pojokan dan tutup mata Anda. Fokuslah pada apa yang Anda rasakan. Bagaimana aroma yang dihirup? Bagaimana rasa saat percikan air hujan menerpa ke wajah? Ini momen yang tepat untuk merasakan alam dan mengapresiasi cuaca.

6. Membantu Para Cacing

Cacing, ya benar-benar cacing. Hewan invertebrata ini bisa jadi keluar dari tanah saat hujan turun. Mereka bisa saja tersesat dan tak menemukan tanah untuk kembali. Padahal, keberadaan mereka diperlukan untuk menggemburkan tanah dan Anda bisa membantu mereka pulang.

Sebelum melakukannya, siapkan terlebih dulu pakaian dan handuk bersih di rumah. Anda juga harus segera berlindung bila mendengar petir. Toh, kegiatan ini seru bila dilakukan saat hujan, bukan badai. (Muhammad Thoifur)

 

3 dari 4 halaman

Tips Hindari Penularan Covid-19 saat Musim Hujan

Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Hindari Penularan Covid-19 Saat Musim Hujan. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓