Sukses

5 Kue Khas Imlek yang Diyakini Mendatangkan Keberuntungan

Salah satu kue khas Imlek adalah Kue Ku yang melambangkan keberuntungan dan umur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Tionghoa sebentar lagi akan merayakan Imlek atau Tahun Baru China yang jatuh pada 12 Februari 2021. Biasanya perayaan Tahun Baru Imlek dinikmati dengan berbagai cara, seperti menyaksikan acara barongsai atau membagikan angpau.

Namun, hal utama dari perayaan ini sebenarnya adalah jamuan makan keluarga dan relasi. Momen itu diyakini akan membawa kemakmuran, panjang umur, dan juga keberuntungan untuk tahun mendatang. Simbolisme keberuntungan dari makanan Tahun Baru Imlek didasarkan pada pengucapan dan penampilannya, termasuk dalam sajian kue.

Berikut lima kue yang dianggap bisa membawa keberuntungan yang biasa disajikan pada perayaan Imlek, seperti dikutip dari keterangan tertulis toko Ann’s Bakehouse & Creamery, 28 Januari 2021 :

1. Kue Ku

Kue Ku merupakan kue dengan warna merah terang, yang merupakan lambang kemakmuran. Kue ini berbentuk lonjong dan terbuat dari tepung beras yang memiliki isi kacang hijau halus.

Biasanya di atas kue ku ini ada cetakan dengan gambar-gambar yang juga identik dengan keberuntungan di tahun yang baru. Kue Ku ini terasa manis dan pas dimakan ketika Imlek karena melambangkan keberuntungan dan umur panjang, dengan harapan bahwa siapapun yang menyantapnya akan terus menjadi sehat sepanjang tahun.

2. Kue Bulan

Kue yang yang satu ini mungkin sering kamu lihat di iklan-iklan menjelang perayaan Imlek. Kue bulan, atau moon cake memang merupakan satu kue yang biasanya ada dan disantap ketika merayakan Festival Musim Gugur.

Tapi tidak jarang juga kue bulan ini muncul ketika perayaan Imlek. Kue tradisional yang legendaris dan sudah ada sejak era Dinasti Ming ini biasanya berbentuk bulat, karena dipercaya bahwa bentuk bulat ini melambangkan kebulatan dan keutuhan. Jadi siapapun yang memakannya akan mengalami keutuhan, dalam segi rezeki, kemakmuran dan kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kue Wajik

Kue wajik juga dipercaya membawa keberuntungan. Kue yang terbuat dari beras ketan dan kemudian dicampur dengan gula merah ini rasanya lezat dan manis. Bentuknya yang menyerupai jajaran genjang dan mirip gunung ini dipercaya melambangkan cita-cita. Ketika disantap, semua cita-dita diharapkan akan tercapai tahun yang baru.

Selain itu, bentuknya yang memang agak tinggi juga melambangkan harapan kepada keluarga. Teksturnya yang lengket dipercayai bahwa kedekatan satu sama lain dalam keluarga bisa menjadi suatu hal yang manis di tahun yang baru.

4. Kue Ong Lei

Kue Ong Lei ini merupakan kue kering yang mirip dengan nastar yang pasti sudah pernah kamu coba. Dengan isian nanas, buah yang dipercaya membawa keberuntungan, pastinya yang memakan kue ini ketika perayaan Imlek akan diikuti oleh keberuntungan sepanjang tahun.

Perbedaan utama kue Ong Lei dengan kue-kue yang khas Imlek lainnya adalah kue ini memiliki tekstur kering. Bahkan, ada beberapa budaya yang membuat kue Ong Lei ini dengan bentuk pastry kecil, tentu saja dengan isian nanas yang merupakan identitas kue ini.

5. Sunrise Pie

Dengan datangnya Imlek di 2021 ini, Sunrise Pie akan kembali tersaji. Mirip dengan kue-kue di atas, Sunrise Pie melambangkan terbitnya matahari yang dipercaya akan membuat harimu cerah sepanjang hari.  (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Infografis Imlek 2016

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.