5 Cara Penting Agar Kulit Awet Muda Selain Gunakan Skincare

Oleh Liputan6.com pada 08 Feb 2021, 06:04 WIB
Diperbarui 08 Feb 2021, 06:04 WIB
Ilustrasi awet muda
Perbesar
Ilustrasi awet muda (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya, penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari. Meski begitu, banyak orang mendambakan kulit terlihat awet muda, sehat, dan memiliki hidup yang berkualitas.

Cara jitu yang bisa ditempuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ada pula yang secara konsisten mengaplikasikan skincare.

Melansir Metro, Jumat, 5 Februari 2021, berikut beberapa tips penting yang harus dipenuhi agar kesehatan kulit dapat terjaga dengan baik dan awet muda, tanpa skincare.

1. Tidur

Tidur dapat memengaruhi kesehatan pada kulit. Ketika Anda mengalami kesulitan tidur, maka akan berdampak pada fisik seperti membuat kulit tampak lelah. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat membuat penghambatan pada kolagen sehingga berpengaruh terhadap tekstur kulit. Penuaan dapat dicegah dengan tidur yang cukup dan teratur setiap untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tekstur kulit.

2. Hindari Kekurangan Air

Kulit terdiri dari 64 persen cairan. Kurang minum air dapat berdampak pada kesehatan kulit.

Air juga membantu membuang racun dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mencegah kerutan atau tanda-tanda penuaan. Selain itu, peningkatan tingkat hidrasi di kulit berarti secara fisik ada lebih banyak ruang untuk kolagen dan elastin untuk berkembang. Kita harus berusaha untuk minum setidaknya delapan gelas per hari.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

2 dari 4 halaman

3.Olahraga

Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik
Perbesar
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik (dok.unsplash/ Filip Mroz)

Olahraga sangat diperlukan untuk menunjang kondisi kesehatan tubuh. Olahraga juga memberikan efek positif pada kesehatan kulit dan membantu kulit tetap awet muda.

Manfaat olahraga bagi kesehatan kulit juga sangat berguna untuk meningkatkan fungsi sel mitokondria yang bertugas untuk memperbaiki kerusakan kulit. Maka itu, aktivitas fisik membantu proses penghambatan penuaan, karena dapat membantu meremajakan tubuh menjadi lebih efisien.

4. Nutrisi

Pola makan juga berpengaruh terhadap aspek kesehatan. Nutrisi yang kita dapatkan dari buah dan sayuran secara khusus dapat benar-benar meningkatkan kualitas kulit.

Asupan makanan dapat memperbaiki penampilan kulit, seperti kilau dan elastisitasnya. Jadi, hindari mengonsumsi gorengan dan lemak karena dapat meningkatkan produksi sebum di kulit.

5. Suplemen

Dalam menjaga elastisitas kulit, beberapa orang mungkin mengonsumsi suplemen. Suplemen merupakan jenis protein terbesar yang membentuk tubuh.

Sekitar 30 juta orang dewasa Inggris mengonsumsi beberapa bentuk suplemen setiap minggu. Namun, memilih suplemen yang tepat dapat membantu memperbaiki kondisi internal tubuh dan mampu membantu menunjang permasalahan kesehatan kulit dari dalam hingga luar. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓