Sukses

Kafe di Ciamis Sediakan Sebuah Pesawat Asli untuk Manasik Haji

Sebuah kafe sengaja mendatangkan pesawat untuk wisata edukasi, terutama manasik haji

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah keberadaan kafe-kafe di Indonesia, kafe di Ciamis, Jawa Barat, tampil berbeda. Kafe bernama Al Baik itu menghadirkan sebuah pesawat asli ke lokasinya.

Pesawat tersebut didirikan di lokasi tersebut sehingga menambah daya tarik pengunjung. Keberadaan pesawat tersebut sebagai wahana untuk wisata edukasi kepada para pengunjung kafe yang berada di Margaluyu, Cikoneng, Ciamis, Jawa Barat.

"Untuk wisata edukasi, condongnya ke manasik haji. Kita coba membantu orang-orang mau haji, manasik di sini dengan pesawat yang asli," ujar seorang staf Al Baik, Agus, dalam kanal YouTube yang diunggah oleh Curug Hunter.

Agus menambahkan, selama 20 menit para calon jemaah haji diberikan edukasi, mulai dari keamanan, keamanan, dan kebersihan kamar mandi oleh pramugari asli. Selain itu, bagi anak-anak yang belajar manasik haji juga bisa mengetahui apa saja yang ada di dalam pesawat.

Keberadaan pesawat tersebut tak digunakan untuk kafe, melainkan khusus untuk wahana edukasi, terutama untuk manasik haji. "Kita mensyariatkan ini untuk manasik haji," imbuhnya.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendatangkan Pesawat

Dalam bagian lain, Agus menceritakan perlu waktu 1,5 bulan untuk men-setting pesawat hingga berdiri. Pesawat tersebut dibawa dengan menggunakan tiga trailer.

"Sayap dan sirip satu bagian. Untuk badan menjadi dua bagian," kata Agus.

Berdasarkan akun Instagram @albaikhall_coffeshop diperlihatkan kabin pesawat yang dipenuhi dengan kursi warna biru. Di bagian depan terdapat kokpit pesawat.

Menu-menu yang disajikan dinamakan menu baik, seperti nasi goreng, chicken karage, spaghetti, spaghetti bolognese, spaghetti carbonara, french fries, banana split, dan lain-lain. Sementara untuk minuman berupa beragam jenis kopi, jus, dan milkshake.

"Selama PSBB buka tiap Hari 10.00-18.00," tulis akun Instagram kafe tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.