6 Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

Oleh Komarudin pada 04 Feb 2021, 18:03 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 18:03 WIB
Ilustrasi diet
Perbesar
Ilustrasi diet (Dok.Unsplash/ Bill Oxford)

 

Liputan6.com, Jakarta - Tidur yang berkualitas jadi salah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat dan mood yang baik sepanjang hari. Tidur juga bisa jadi cara untuk menurunkan berat badan

Tapi, tak semua orang punya kesempatan mendapatkan tidur yang berkualitas sekaligus bisa menjaga badan. Anda bisa menstimulasinya dengan mengonsumsi sederet minuman di malam hari.

Apa saja? Simak rangkumannya seperti dilansir dari laman Womanandhome, Rabu, 3 Februari 2021 berikut ini.

1. Susu

 

Ilustrasi Susu
Perbesar
Ilustrasi susu almond (dok. Pixabay.com/rawpixel/Putu Elmira)

Segelas susu dapat membantu tidur lebih nyenyak karena susu mengandung kalsium dan triptofan. Zat itu berguna membantu otak memproduksi zat melatonin. Selain itu, susu juga menghasilkan protein yang membantu mendukung kekuatan dan pertumbuhan otot.

2. Minuman Kunyit

Kunyit bersifat anti-inflamasi dan bergizi. Penelitian menunjukkan bahwa komponen utama kunyit, yakni kurkumin, berperan dalam menekan pertumbuhan jaringan lemak dan mengatur kadar gula.

3. Teh Chamomile

Selanjutnya teh chamomile, minuman bebas kafein ini akan membuat Anda merasa tenang dan menjaga kualitas tidur karena mengandung neurotransmitter. Senyawa itu tidak hanya bertindak seperti obat penenang tetapi juga membuat rileks. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Jus Anggur

ilustrasi jus anggur untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
Perbesar
ilustrasi jus anggur untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Segelas kecil jus anggur sebelum tidur dapat membantu Anda membakar lemak ketika bermimpi. Penelitan menunjukkan minum jus anggur menyebabkan sekresi insulin di malam hari. Ditambah lagi, anggur mengandung antioksidan yang dapat membakar lemak.

5. Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung protein yang baik untuk tubuh. Kedelai mengandung asam amino triptofan yang membantu menurunkan kadar kortisol yang membantu melawan lemak. Meskipun metabolisme melambat saat tidur, tubuh tetap bekerja dan nutrisi diserap saat tidur.

6. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi tradisional yang rasanya sangat mirip dengan yoghurt. Terbuat dari biji-bijian, minuman ini bekerja pada usus yang membantu pencernaan dan penyerapan vitamin dan mineral. (Muhammad Thoifur)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manis Pahit Kopi untuk Kesehatan

[INFOGRAFIS] Manis Pahit Kopi untuk Kesehatan
Perbesar
Kopi, menjadi salah satu minuman terfavorit masyarakat hampir di seluruh dunia. Apa pengaruh kopi bagi kesehatan?
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya