Sukses

Cara Pergi dari Jakarta ke Bali Hanya dengan Biaya Rp300 Ribuan

Seorang warganet membagikan rincian biaya naik kereta yang hemat dan dapat singgah di tiga kota sebelum sampai di Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pengeluaran yang cukup besar saat ingin traveling adalah biaya transportasi. Kalau Anda ingin mencoba menghemat biaya transportasi, cara ini bisa dicoba meski di masa pandemi ini walau kita masih dianjurkan untuk lebih banyak berada di rumah saja.

Seorang pria membagikan tips biaya hemat untuk perjalanan dari Jakarta ke Bali melalui akun TikTok @muhammadezrap.  Alih-alih lewat jalur udara, warganet ini menyarankan untuk lewat jalur darat untuk menekan bujet meski memakan waktu lebih lama.

Ia membagikan rincian biaya naik kereta yang hemat dan dapat singgah di tiga kota. Daerah yang disinggahi nantinya adalah kota wisata yaitu Yogyakarta, Malang, dan Banyuwangi.

Tips ini cocok untuk para traveler yang ingin hemat, mampir di banyak kota, dan punya waktu cukup panjang untuk liburan. Meski akan lebih melelahkan dibandingkan naik pesawat, perjalanan hemat dengan kereta ini tetap akan menyenangkan.

Pertama, Anda bisa naik KA Bengawan relasi Pasar Senin - Purwosari kelas ekonomi. Harga tiketnya biasanya sekitar Rp74 ribu sekali jalan. Setelah itu, Anda bisa turun di Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Anda bisa menginap lebih dulu di Yogyakarta sambil menikmati suasana kota pelajar ini.

Selanjutnya, naik kereta KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar kelas ekonomi. Harga normal untuk tiket kereta ini sekitar Rp88 Ribu. Turunlah di Stasiun Blitar, kemudian lanjut naik KA Penataran relasi Blitar Surabaya Kota dengan tiket hanya seharga sekitar Rp12 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naik Travel dan Ferry

Sesampainya di Malang, Anda bisa singgah dan meningap di sini. Banyak wisata menarik di Malang yang sayang untuk dilewatkan. Keesokan harinya setelah puas menikmati Malang, Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Anda disarankan memilih KA Tawang Alun relasi Malang - Ketapang kemudian turun di Stasiun Banyuwangi. Harga tiketnya sekitar Rp62 ribu. Di Banyuwangi Anda bisa menikmati sejenak keindahan dan beragam tempat wisata menarik di sana.

Dari Banyuwangi, Anda bisa naik Damri, bus ataupun travel ke Denpasar. Harganya sekitar Rp90 ribu, sudah termasuk tiket kapal ferry. Total harga yang dikeluarkan untuk singgah di tiga kota dari Jakarta hanya sebesar Rp326 ribu.

Meskipun perjalanannya cukup panjang, Anda bisa menikmati tiga keindahan kota wisata sebelum kemudian berwisata di Bali. Anda tertarik mencoba?

3 dari 3 halaman

Infografis Jalur Kereta Api Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.