Sukses

Pedagang Bakso Keliling di Jepang Mahir Bahasa Indonesia dan Jawa

Sebuah video pedagang bakso di Jepang viral karena mahir bahasa Indonesia dan Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Bakso jadi salah satu makanan yang banyak digemari penduduk Indonesia. Namun, bakso juga digemari warga di Jepang.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @akulibra02, seorang pedagang bakso sedang diserbu para pembeli. Berbeda dengan di Indonesia, penjual bakso di Jepang ini menggunakan mobil.

Pembelinya tak hanya orang-orang Indonesia yang tinggal di Jepang, tapi juga orang asli Jepang. Mereka tampak mengantre di pinggir jalan.

"Antre opo sih?" tanya seseorang dalam video itu. "Bakso beranak," jawab perempuan penjual bakso yang berada di dalam mobil.

Perempuan bermasker putih dan penutup kepala warna senada itu tampak sibuk melayani para pembeli. Tak hanya bakso, perempuan itu juga menjual ayam bakar, tempe mendoan, martabak telur, lumpia, dan kerupuk jengkol.

Di antara menu yang dijual, harga bakso beranak yang paling mahal, 850 Yen atau Rp113 ribu. Sementara tempe mendoan, martabak telur dan lumpia dibanderol 160 Yen atau setara Rp21 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mahir Bahasa Indonesia dan Jawa

Berbeda dengan ayam bakar yang dijual seharga 690 Yen atau Rp92 rupiah. Lain lagi dengan kerupuk jengkol yang dibanderol 450 Yen atau Rp60 ribu.

Di luar itu, hal menarik adalah penjual bakso tersebut mahir berbahasa Indonesia dan Jawa. Pembeli yang berasal dari Indonesia malah berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan Jawa dengan pedagang bakso itu.

"belinya pake bhs.jepang / indo kak?" tanya seorang warganet penasaran. "pake bhs jawa ngab. jawa dimana mana ada," jawab pedagang tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.