6 Cara Natural Merawat Keratin Rambut, dari Pakai Alpukat hingga Telur

Oleh Liputan6.com pada 05 Feb 2021, 05:03 WIB
Diperbarui 05 Feb 2021, 05:03 WIB
Ilustrasi Rambut
Perbesar
Ilustrasi rambut. (dok. Unsplash.com/Suhyeon Choi @by_syeoni)

Liputan6.com, Jakarta - Merawat rambut secara menyeluruh perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kesehatannya. Termasuk merawat keratin, yakni salah satu protein penting yang bercampur dengan rambut Anda dan memperbaiki kerusakan dan tekstur.

Merawat keratin rambut juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang yang ada di rumah. Perawatan simpel ini cocok untuk rambut kering, kusam, dan kusut.

Perawatan ini dapat dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik. Lantas, apa saja bahan-bahan yang diperlukan? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Optimistic Girls, Rabu, 3 Februari 2021, berikut ini.

1. Pisang dan alpukat

Anda perlu menambah protein ekstra dalam folikel saat keratin alami di kulit kepala berkurang atau rusak. Hal ini dilakukan untuk membuat rambut kembali tumbuh halus dan kuat.

Pisang kaya asam amino yang membantu memulihkan kerusakan protein di kulit kepala Anda. Sedangkan, alpukat kaya akan vitamin esensial seperti Vitamin C dan E.

Bahan-bahan:

1 buah pisang matang

1 buah alpukat matang

1 sdm minyak biji gandum

1 sdt minyak mawar

Untuk cara membuatnya, Anda dapat melumatkan pisang dan pastikan tidak ada gumpalan di atasnya. Tambah sisa bahan dan buat pasta halus.

Oleskan campuran itu dengan bantuan kuas dan biarkan selama 30-45 menit dan bersihkan dengan sampo. Anda dapat mengulangi pemakaian masker rambut ini sekali dalam seminggu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Alpukat dan santan

alpukat
Perbesar
ilustrasi alpukat/Photo by twinsfisch on Unsplash

Kaya akan asam amino lemak dan vitamin A, B6, D, dan E, alpukat dan kelapa adalah dua bahan yang sangat baik untuk membangun kesehatan kulit kepala Anda dan menumbuhkannya kembali dengan kekuatan dan kilau yang indah.

Kedua bahan ini menghindrasi rambut dan membantu membangun perawatan keratin yang dibutuhkan di kulit kepala Anda. Ulangi masker rambut ini setidaknya sekali seminggu selama dua bulan untuk hasil yang lebih baik.

Bahan-bahan:

1 alpukat ukuran sedang yang matang

2 sdm santan

Shower cap

Buat campuran alpukat yang telah dihaluskan dan santan dalam mangkuk hingga tidak ada gumpalan. Oleskan campuran itu pada rambut dan tutupi dengan shower cap setidaknya selama 30 menit.

Fokuskan pada bagian rambut yang rusak dan bilas dengan air dingin dan peras sisa airnya. Keringkan rambut Anda dengan bantuan sikat.

 

3. Kuning telur, minyak almond, dan madu

Ilustrasi Kuning Telur
Perbesar
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

Masker rambut dengan paduan bahan ini adalah perawatan keratin untuk rambut kusam dan rusak. Kuning telur kaya akan protein dan asam lemak yang menempel di folikel rambut Anda dan memperbaiki kerusakan kulit kepala Anda.

Minyak alami sangat terkenal dengan vitamin dan mineralnya dan madu mengunci kelembapan di helai rambut Anda, bekerja pada kulit kepala Anda dan membantu menumbuhkan rambut Anda agar tumbuh lebih tebal dan indah.

Bahan-bahan:

1 kuning telur

1 sdm madu

1 sdm minyak almond

Campur bahan-bahan di atas dalam mangkuk dan aduk rata selama 2-3 menit. Oleskan masker pada rambut Anda dan biarkan selama 15-20 menit.

Kemudian, bilas dengan air dingin lalu bersihkan rambut Anda dengan sampo. Berhati-hatilah agar Anda mengulangi cara ini sekali atau dua kali seminggu.

 

4. Mayones dan alpukat

Mayonnaise
Perbesar
Ilustrasi mayones./Copyright unsplash.com/@saracervera

L-cysteine ​​dan telur dalam mayones kaya akan protein yang menutrisi rambut dan membuatnya lembut dan berkilau. Alpukat adalah sumber asam lemak yang membantu kulit kepala Anda memproduksi lebih banyak keratin dan menumbuhkan rambut berkilau, halus dan tebal.

Bahan-bahan:

1 sdm mayones

1 buah alpukat matang

Kocok sebagian mayones dengan alpukat tumbuk sampai terasa sedikit mengembang dan ringan. Oleskan campuran pada rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air dingin dan sampo. Oleskan sedikit serum rambut ke rambut Anda dan keringkan.

Masker rambut ini adalah masker rambut protein terbaik yang dapat melakukan keajaiban dalam mengatur rambut Anda. Gunakan masker rambut berprotein ini seminggu sekali.

 

5. Yogurt, krim, dan telur

Masker Putih Telur
Perbesar
Ilustrasi putih telur (Sumber: Unsplash)

Perbaikan keratin cepat lainnya adalah krim yogurt dan masker rambut telur ini. Yogurt adalah sumber yang sangat baik yang akan membersihkan kulit kepala Anda dan telur yang penuh protein bekerja dengan yogurt untuk perawatan keratin alami yang sangat baik.

Bahan-bahan:

1 butir telur

1 sdm krim

2 sdm yogurt

Campur bahan-bahan di atas dan buat pasta. Oleskan campuran ini ke rambut Anda dan biarkan selama 45 menit. Bilas dengan air dingin dan akhiri dengan sampo.

Gunakan masker ini seminggu sekali untuk melihat hasil yang bagus. Jangan gunakan masker rambut ini jika Anda memiliki kulit kepala yang berminyak.


6. Santan dan hibiscus

Ilustrasi santan kelapa
Perbesar
Ilustrasi santan kelapa (Photo by Tijana Drndarski on Unsplash)

Santan kaya akan protein yang menjaga kesehatan rambut. Hibiscus kaya akan asam amino yang menyehatkan rambut dan memperkuat akarnya. Bahan ini juga merangsang pertumbuhan kembali rambut dari folikel yang diam dan bagian botak yang membantu menebalkan rambut dan menambah volume.

Bahan-bahan:

Santan

Bubuk hibiscus

Madu

Yogurt

Gel lidah buaya

Campur semua bahan dan buat pasta. Oleskan pasta ini pada rambut Anda selama 30-40 menit dan cuci dengan sampo ringan. Masker rambut keratin ini membantu menghilangkan kekeringan, memperbaiki rambut yang rapuh, serta mencegah kerusakan dan perpecahan. (Melia Setiawati)


Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya