Sukses

Studi: Bekerja dari Rumah Kenakan Piama Bikin Kesehatan Mental Buruk

Benarkah mengenakan piama saat bekerja bikin kesehatan mental kian buruk?

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja dari rumah mengenakan piama mungkin menyenangkan dan agak nyaman saat awal pandemi corona Covid-19. Namun, tampaknya Covid-19 akan berlangsung lama dan menerapkan kebiasaan yang sehat itu penting.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Medical Journal of Australia menemukan bahwa mengenakan piama saat bekerja dari rumah dapat menyebabkan kesehatan mental yang lebih buruk. Eksperimen tersebut dilakukan pada staf (baik ilmuwan maupun non-ilmuwan) dan mahasiswa di lima lembaga penelitian medis di Sydney, New South Wales, dilansir dari laman World of Buzz, Senin, 1 Februari 2021.

Eksperimen itu untuk menilai efek mengenakan piama terhadap produktivitas dan kesehatan mental staf lembaga medis yang bekerja dari rumah secara keseluruhan. Hasil penelitian memang mengaitkan mengenakan pakaian yang Anda pakai saat bekerja dari jarak jauh dengan kesehatan mental yang buruk, tapi tidak menunjukkan penurunan produktivitas.

“Memakai piama saat bekerja dari rumah tidak dikaitkan dengan produktivitas yang lebih rendah,” kata penelitian tersebut

Penemuan percobaan juga bervariasi menurut jenis orang yang diujikan. Misalnya, orang tuat ampaknya tidak memiliki masalah dengan kesehatan mental mereka tetapi mereka melaporkan tingkat produktivitas yang lebih rendah. "Orang yang bekerja di rumah dengan anak kecil melaporkan produktivitas yang lebih rendah, tetapi tidak ada penurunan kesehatan mental."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Terkait Produktivitas

Sementara itu, mereka yang pada tahap awal karir sebagai peneliti kurang produktif selama pandemi dibandingkan dengan peneliti yang lebih tua dan mapan. Namun, para peneliti mengatakan mereka tidak dapat menentukan apakah memakai piama adalah penyebab atau konsekuensi dari penurunan kesehatan mental.

Namun, mereka mengamati bahwa mendorong pasien untuk mengenakan pakaian biasa dapat mengurangi keparahan depresi.

“Saran sederhana untuk berganti pakaian sebelum mulai bekerja di pagi hari mungkin sebagian melindungi dari efek pembatasan Covid-19 pada kesehatan mental dan akan lebih murah daripada tidur" modis "atau pakaian santai yang populer karena bekerja dari rumah menjadi norma. ”

Penelitian ini mungkin hanya dilakukan di antara para peneliti medis di Australia, tetapi penelitian ini mengatasi masalah yang dihadapi banyak dari kita dalam pengaturan kerja dari rumah masing-masing. Menurut Anda, apakah mengenakan piama memengaruhi produktivitas dan kesehatan mental Anda?

3 dari 3 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.