Sukses

Beredar Video Masak Nasi Pakai Anggur Merah, Bagaimana Hasilnya?

Sang pemilik akun menyebutkan bahwa tekstur nasinya tetap pulen dan cenderung serupa dengan tape ketan.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi memang menjadi makanan pokok di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Selain nasi putih, ada juga yang lebih gemar menyantap nasi merah, nasi kuning atau bahkan nasi hitam. Tapi apa jadinya kalau memasak nasi dicampur dengan anggur merah?

Video memasak nasi dicampur anggur merah tersebut sempat viral usai diunggah oleh akun TikTok @tiancj pada 28 Januari 2021. Bukannya dimasak dengan air biasa atau kaldu, warganet ini memilih anggur merah untuk membuat nasi.

Dengan menggunakan rice cooker, pemilik akun TikTok @tianjc tersebut terlihat membuat nasi Anggur Merah berdasarkan permintaan warganet lainnya. "Ini Amernya (Anggur Merah) guys. Kita tumpahin takarannya nggak kebanyakan nggak kesedikitan," tutur sang pemilik akun..

Minuman anggu merah sendiri cukup populer di Indonesia dan umumnya memiliki kadar alkohol sebesar 19,7 persen. Setelah beberapa menit, warna beras mulai terlihat kemerahan.

Sekilas mirip dengan nasi merah tapi warnanya lebih mencolok usai dicampur dengan anggur merah. Uniknya lagi, sang pemilik akun menyebutkan bahwa tekstur nasinya tetap pulen dan cenderung serupa dengan tape ketan. Video tersebut mendadak viral dan banyak dibahas warganet. Tidak sedikit yang ikut penasaran dengan cita rasa dari nasi tersebut.

"Buset, itu rice cooker apa nggak bau amer ya?" komentar salah seorang warganet. "Habis ini coba pakai arak kak, gimana rasanya," timpal warganet lainnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahapan Memasak Nasi

Sampai dengan artikel ini ditulis, video nasi dicampur anggur merah tersebut sudah dilihat lebih dari 2,3 juta kali dan mendapatkan 123 ribu lebih likes dari warganet.

Beberapa bulan lalu juga sempat viral tahapan memasak nasi di sebuah program masak di BBC Inggris. Dalam sebuah video di media sosial, komedian asal Malaysia Nigel Ng, atau lebih dikenal dengan nama Uncle Roger, menyoroti cara program tersebut mengolah nasi.

Video ini berawal dari proses memasak nasi. Tampak di sana, beras dimasukkan ke dalam wadah dan air untuk memasaknya ditambahkan dengan cangkir.

"Mengapa Anda mengukur kadar air menggunakan cangkir? Gunakan saja ruas jari pertama di jari. Tahap pertama sudah salah. Saya tak percaya video ini bakal bagus," ucap Uncle Roger. Ia juga memprotes beras yang hendak dimasak tak lebih dulu dicuci.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.