5 Ide Sarapan untuk Maksimalkan Penurunan Berat Badan

Oleh Putu Elmira pada 02 Feb 2021, 06:33 WIB
Diperbarui 02 Feb 2021, 06:33 WIB
salmon
Perbesar
ilustrasi salmon/Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga, menjalani hidup sehat, hingga menjaga pola makan jadi sederet upaya yang dapat Anda tempuh untuk menurunkan berat badan. Namun tak sedikit yang memilih untuk diet ekstrem yang ternyata tak hanya dapat menghilangkan nutrisi, tapi memiliki efek samping lainnya.

Dilansir dari laman Times of India, Senin, 1 Februari 2021, menurunkan berat badan dengan diet ekstrem dapat menyebabkan kelelahan hingga kantung mata. Maka, sarapan jadi makanan penting dalam perubahan sederhana untuk memaksimalkan penurunan berat badan.

Ada beberapa ide sarapan bagi Anda yang ingin memaksimalkan penurunan berat badan. Apa saja? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Salmon dan alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan sumber serat yang sangat baik. Setengah buah alpukat mengandung 25 persen dari nilai serat harian yang direkomendasikan.

Sebuah penelitian menemukan saat orang makan setengah buah alpukat untuk makan siang, keinginan mereka untuk makan berkurang hingga 40 persen dalam tiga jam berikutnya. Menggabungkan alpukat dengan beberapa salmon kaya protein membuat makanan yang sehat yang membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Yogurt dan berries

Yoghurt dan berries menghasilkan kombinasi yang sama sehatnya. Yogurt dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah, berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil dan lemak tubuh yang lebih rendah.

Berries adalah tambahan yang bagus untuk yogurt karena kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid yang menurut penelitian terkait dengan manajemen berat badan.

2 dari 5 halaman

3. Telur dan sambal

telur
Perbesar
ilustrasi telur dadar/copyright unsplash

Telur dapat diolah jadi beragam santapan. Paduan telur dengan sampal dapat mengurangi nafsu makan dan membantu membakar lebih banyak kalori, kata para peneliti dari Universitas Purdue.

Senyawa capsaicin yang ditemukan dalam cabai, merangsang penurunan berat badan pada tingkat molekuler dengan mengubah protein utama yang ditemukan dalam lemak. Saus pedas mengandung capsaicin, yang meningkatkan laju metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

4. Selai kacang dan oat

Oat jadi salah satu pilihan sarapan paling favorit banyak orang. Menambahkan satu atau dua sendok mentega kacang ke dalam oat dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Oat kaya serat dan memasukkan selai kacang menambah protein dan lemak sehat ke dalamnya dan membuat makanan yang mengenyangkan.

3 dari 5 halaman

5. Bubuk protein dan buah beku

Ilustrasi Buah Beku
Perbesar
Ilustrasi buah beku. (dok. Unsplash.com/@shauste)

Bubuk protein ketika dipasangkan dengan buah-buahan beku dapat memaksimalkan penurunan berat badan Anda. Meningkatkan asupan protein dalam makanan Anda dengan mengurangi asupan karbohidrat olahan dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan manfaat metabolisme.

4 dari 5 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓