Sukses

6 Fakta Mengejutkan tentang Cincin Putri Diana

Ternyata, Pangeran Charles melamar Putri Diana pada awal Februari 1981 silam tanpa cincin pertunangan.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Putri Diana selalu berhasil mencuri atensi publik, bahkan ketika dirinya telah tiada. Putri Diana pergi selamanya dengan meninggalkan deretan inspirasi dan warisan mengenai penampilannya. Salah satunya tentang cincin.

Pangeran Charles ternyata melamar Putri Diana pada awal Februari 1981 silam tanpa cincin tunangan. Ia lantas mengenakan cincin safir dan berlian besar yang kini dikenal sebagai salah satu perhiasan ikonik yang pernah dibuat.

Lantas, apa saja detail mengejutkan di balik cincin tersebut? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman Purewow, Senin (1/2/2021), berikut ini.

1. Memilih cincin dari katalog

Meski tabu, namun Putri Diana memilih langsung cincinnya dari Katalog Garrard kala itu. Cincin tersebut terdiri atas berlian safir 12 karat yang dikelilingi 14 berlian solitaire dan di-set dengan emas putih 18 karat.

Secara tradisional, cincin kerajaan dipesan lebih dahulu. Mengingat cincin Diana adalah barang stok, setiap orang biasa yang sanggup membayar 60 ribu dolar AS bisa membeli cincin yang sama.

2. Inspirasi cincin

Menurut Oprah, cincin itu sebenarnya terinspirasi oleh bros safir dan berlian yang dibuat Pangeran Albert dengan Garrard sebagai hadiah untuk Ratu Victoria menjelang hari pernikahan mereka pada 1840.

Ratu Elizabeth II bahkan pernah terlihat mengenakan bros itu saat acara kerajaan. Konon, alasan Putri Diana diduga memilih cincin khusus ini adalah karena mengingatkannya pada cincin pertunangan ibunya sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cincin awalnya untuk Pangeran Harry

Menurut film dokumenter Amazon Prime The Diana Story, saat Putri Diana meninggal pada 1997, Pangeran Harry diizinkan untuk memilih salah satu dari koleksi perhiasan ibunya dan memilih cincin berlian dan safir sang ibunda. Namun ketika Pangeran William bersiap-siap untuk melamar Kate Middleton, Harry menawarkannya kepada sang kakak.

4. Ganti dengan aquamarine

Setelah bercerai dengan Pangeran Charles pada 1996, ia mengubah segalanya. Salah satunya, Diana mengganti cincin aquamarine yang terbuat dari zamrud dengan berlian solitaire dan dilapisi dengan emas 24 karat.

3 dari 4 halaman

5. Pangeran William melamar Kate Middleton dengan cincin safir

Pada 2010, Pangeran William dan Kate Middleton berlibur ke Kenya. William berbagi kisah soal pertunangannya dengan ITV dan ia cukup gugup membawa cincin itu ke mana saja, mengingat hubungannya yang mendalam dengan mendiang ibunda.

"Saya telah membawanya ke mana-mana di dalam ransel saya selama sekitar tiga minggu sebelum (melamar)" kata William.

6. Rumor

Menurut CBS, Kate membutuhkan cincin untuk diubah ukurannya. Maka, Kate meminta royal jeweler G Collins untuk memasukkan beberapa manik-manik platinum di dalam band cincin agar lebih pas.

4 dari 4 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.