Nadiem Makarim Bagikan Foto Perayaan Tedhak Siten Anaknya

Oleh Henry pada 31 Jan 2021, 14:31 WIB
Diperbarui 31 Jan 2021, 14:31 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim Bagikan Foto Perayaan Tedhak Siten Anaknya
Perbesar
Mendikbud Nadiem Makarim Bagikan Foto Perayaan Tedhak Siten Anaknya. (dok.Instagram @nadiemmakarim/https://www.instagram.com/p/CKqihDNBOUi/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Unggahan terbaru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim banyak menarik perhatian warganet. Hal ini karena Nadiem mengunggah foto tengah melakukan tradisi Tedak Siten kepada buah hatinya.

Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya pada Sabtu, 30 Januari 2021 tersebut, Mendikbud Nadiem Makarim terlihat mengenakan mengenakan baju batik cokelat muda lengan panjang, sementara sang istri Franka Franklin Makariem tampil cantik dengan balutan kebaya putih adat Jawa.

Makna Tedak Siten sendiri adalah ‘Tedak’ berarti turun dan ‘siten’ berasal dari kata siti yang berarti tanah.Prosesi tedak siten biasanya dilakukan saat seorang anak menginjak umur tujuh atau delapan bulan.

Prosesi ini diselenggarakan untuk mengajarkan anak tentang konsep kemandirian, tanggung jawab, tangguh dalam menghadapi persoalan, serta bersifat dermawan terhadap sesamanya. Ada tujuh rangkaian dalam prosesinya: membersihkan kaki, injak tanah, berjalan melewati tujuh wadah, tangga tebu wulung, kurungan, memberikan uang, dan melepas ayam.

Dalam unggahan Instagram Nadiem, ia menuliskan perayaan Tedak Siten kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya kerabat dan keluarga inti yang hadir dalam perayaan tersebut.

"Tedhak Siten kali ini sedikit berbeda karena dihadiri keluarga inti dan eyang saja, dan persiapan semua dikerjakan sendiri. Tapi jadi lebih intim malah rasanya. Semoga anak kami senantiasa diberikan kekuatan dan bekal kebahagiaan di dalam hidupnya," tulis Nadiem dalam keterangan foto.

Sejumlah komentar pun diberikan warganet, sebagian besar memberi pujian, ada juga yang berkomentar Nadiem Makarim tidak melupakan budaya Indonesia meski sempat lama kuliah di Harvard, Amerika Serikat.

2 dari 4 halaman

Punya 3 Anak

Mendikbud Nadiem Makarim Bagikan Foto Perayaan Tedhak Siten Anaknya
Perbesar
Mendikbud Nadiem Makarim Bagikan Foto Perayaan Tedhak Siten Anaknya. (dok.Instagram @nadiemmakarim/https://www.instagram.com/p/CKqihDNBOUi/Henry)

"Ini merupakan tradisi jawa. Lama di Harvard tapi tetap berbudaya Indonesia🇮🇩🇮🇩🇮🇩," komentar seorang warganet.  "Upacara turun tanah yaa keren melestarikan budaya," komentar warganet lainnya.

Namun tidak dituliskan siapa nama anak pasangan Nadiem Makarim dan Franka Franklin yang menjalani tradisi Tedak Siten tersebut. Selama ini Nadiem dan istrinya memang tidak suka mengekspos anak-anak mereka. Di media sosial pun, Nadiem hanya memerlihatkan foto anak-anaknya dari belakang atau dari samping sehingga wajahnya tidak terlalu jelas terlihat.

Begitu juga dengan nama dan usia anak-anaknya yang tidak banyak diketahui. Hanya nama anak pertama Nadiem, Solara, yang paling sering disebut di media. Nadiem sendiri baru membuat akun Instagram pribadi pada Agustus lalu. Ia diketahui punya tiga orang anak saat jadi bintang tamu di program podcast Deddy Corbuzier yang tayang di Youtube ‘Deddy Corbuzier’ pada Agustus 2020.

Pada Deddy, pria berusia 36 tahun itu mengakui punya tiga orang anak yang saat itu masing-masing berusia tiga tahun, dua tahun dan empat bulan. Jadi, kemungkinan besar yang menjalani prosesi Tedak Siten itu adalah anak ketiganya yang saat ini berusia sekitar sembilan bulan.

Sementara anak pertamanya, Solara, sudah menjalani prosesi Tedak Siten pada April 2018, saat Nadiem Makarim belum menjadi Mendikbud. Hal itu diketahui dari unggahan akun @mamiehardo yang sepertinya menjadi penyelenggara acara tersebut.

3 dari 4 halaman

Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓