Tips Mudah Bikin Vlog Menarik, Edukatif dan Informatif

Oleh Liputan6.com pada 31 Jan 2021, 22:37 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 00:03 WIB
Ilustrasi Nge-vlog
Perbesar
Ilustrasi Nge-vlog.

Liputan6.com, Jakarta -  Jika Anda adalah orang yang awam dengan produksi konten, membuat video sepertinya proses yang rumit dan butuh biaya besar. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Zaman yang semakin maju membuat siapapun kini membuat membuat konten video. Kalau nggak memiliki kamera, mengapa tidak menggunakan smartphone saja?

Hanya berbekal smartphone, siapa saja bisa memproduksi vlog dan menyampaikan informasi. Mulai dari mencari ide, rekaman hingga editing dan publish semua bisa dengan smartphone. Berikut ini tips bagaimana cara membuat vlog hanya bermodal smartphone atau ponsel pintar.

1. Tentukan Format Vlog

Pada dasarnya vlog adalah akronim video blog. Jika blog memiliki kekuatan pada tulisan, video vlog adalah penyajian konten secara audio visual. Kalau kamu merasa lebih sreg dengan audio visual, vlog bisa jadi pilihan kamu menyajikan konten.

Amati banyak vlog favorit yang menjadi tontonan favorit kamu. Kemudian cari kira-kira kamu pengen ngasih informasi apa ke audience. Akan jauh lebih baik kalau kamu membuat vlog untuk menyampaikan informasi di bidang yang kamu kuasai. Misalkan, kamu termasuk mahir dalam pelajaran MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Kenapa tidak bikin channel atau tips and trik mengerjakan soal? Ini lagi banyak dibutuhkan. Misalkan lagi, kamu passionate di bidang health dan sport. Kamu bisa bikin konten daily sport saat di rumah atau eat healthy food saat remote working. Tinggal disesuaikan aja bidang mana yang jadi minat kamu.

2. Rekam Pakai Kamera Smartphone

Tak punya kamera? Tenang saja karena bikin vlog pakai smartphone juga bisa, lho. Samsung Galaxy S21 bisa kamu andalkan, nih, sebagai device untuk membuat video. Galaxy S21 series memiliki tiga varian yakni S21, S21+, dan S21 Ultra 5G.

Varian S21 dan S21+ memiliki tiga kamera yang masing-masing adalah lensa utama 12 MP, lensa ultrawide 12MP untuk foto, dan 64 MP untuk kamera telephoto. Telephoto ini penting memotret atau merekam momen jarak jauh.

Untuk varian Samsung Galaxy S21 Ultra, Samsung membekalinya smartphone terbarunya dengan 4 kamera yakni lensa wide 108 MP, dual tele-lens masing-masing 10 MP, dan lensa ultrawide 12 MP dan fitur 100x space zoom untuk kebutuhan motret atau video. Untuk kamera selfie-nya sendiri Galaxy S21 dibekali lensa 10 MP up to 40MP. Jernih banget kan buat selfie atau vlog?

Ketiga varian juga memiliki fitur Director’s View, yang mana kamu bisa pindah-pindah lensa saat merekam video. Jadi sekali take, kamu bisa dapat banyak angle menarik.

Buat kamu yang suka motret di tempat yang memang photogenic, Samsung Galaxy S21 juga dibekali fitur Single Take. Hanya dengan sekali capture, kamu bisa mendapatkan 10x photo dan 4 video dengan filter dan format berbeda. Semua sensor bekerja untuk memotret, merekam video sekaligus memberi efek bokeh.

[Fimela] Ilustrasi Ponsel Pintar
Perbesar
Ilustrasi Ponsel Pintar | https://www.pexels.com/@giftpundits-com-551816

3. Edit di Smartphone

Kenapa nggak? Kamu bisa editing video yang kamu pakai smartphone, lho. Apalagi Samsung Galaxy S21 juga menggunakan chipset terbaru dan tercepat Exynos 2100. So menjalankan banyak aplikasi editing video lebih dari satu walau berat sekalipun.

Yang bikin enak editing video di Samsung Galaxy S21 juga sudah menggunakan layar sebesar 6 inci ke atas. Ditambah fitur Adaptive refresh rate 120 Hz bikin gerakan layar jadi super smooth. Nggak ketinggalan juga ada layar Samsung Galaxy S21 sudah menggunakan Dynamic Amoled 2.0 dengan teknologi WQHD+ yang membuat mata nyaman saat melihat layar baik untuk produktivitas atau nonton konten.

4. Gunakan Smartphone dengan Baterai Besar

Biar tidak terus-terusan nge-charge, bakal lebih asyik kalau kamu menggunakan baterai besar. Karena saat mengoperasikan kamera smartphone, kamu butuh daya baterai smartphone yang cukup.

Untungnya Samsung Galaxy S21 dibekali baterai yang mumpuni untuk aktivitas vlog, motret dan juga produktivitas kamu seharian. Chipset yang ngebut dan terbaru dari Exynos 2100 juga bikin konsumsi baterai dan internet jadi lebih irit dan cepat.

Sudah ada ide pengen buat vlog tentang apa? Untuk semua kebutuhan vlog dan content creation kamu, Samsung Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra sudah bisa kamu beli di situs remi atau aplikasi Eraspace. Khusus untuk Galaxy S21 Ultra juga kompatibel dengan S Pen Samsung yang responsif untuk kebutuhan editing foto, video, presentasi dan membuat notes.

Semua varian juga tersedia di website dan aplikasi Eraspace. Apalagi di Eraspace App kamu bisa belanja smartphone, gadget yang original dan pastinya bergaransi dengan berbagai metode pembayaran yang praktis cukup dari rumah. Ada banyak pilihan dan product catalog-nya juga enak. Jadi praktis, produk pasti terjamin original, dan aman pembayarannya.

Belanja gadget di laman resmi Eraspace dan Eraspace App juga ada tiga shopping option yang bisa kamu maksimalkan. Belanja online dengan pengiriman reguler lewat JNE atau langsung dikirim kurir instan dari store terdekat menggunakan layanan EraXPress. Misalkan lagi di luar dan mau sekalian jalan, kamu juga bisa belanja online dan langsung ambil barangnya di store Erafone terdekat dengan layanan ClickNPickup.

Mau belanja langsung ke store Erafone, Urban Republic atau Samsung Nasa juga bisa. Pastikan kamu menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan melewati pengecekan suhu.