Sukses

Cara Memotong Nangka Tanpa Bikin Tangan Lengket

Tak hanya dimakan langsung, buah nangka juga bisa jadi alternatif pengganti daging ayam bagi para vegan.

Liputan6.com, Jakarta - Nangka jadi satu dari sekian banyak buah yang sudah tak lagi asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Buah tropis asal India ini tak hanya bisa dimakan langsung sebagai buah, namun juga diolah jadi pengganti daging ayam karena kemiripan teksturnya.

Buah yang memiliki kulit berduri di bagian luar ini terkemas dengan banyak nutrisi, menjadikannya buah super sehat. Kendati, mengonsumsi buah nangka juga berarti harus memotong untuk mendapatkan daging maupun bijinya.

Proses ini biasanya membuat orang berpikir dua kali, terlebih getah buah nangka sering membuat tangan lengket, Tapi, melansir Food.ndtv, Rabu, 30 Desember 2020, terdapat beberapa cara memotong buah nangka tanpa membuat tangan lengket.

1. Taruh beberapa kertas maupun kertas tisu di meja agar getah yang dikeluarkan tak mengotori meja dapur. Oleskan minyak secukupnya pada tangan dan pisau untuk menghindari getah menempel.

2. Potong buah nangka dari tengah jadi dua bagian. Bersihkan getah lengket yang menempel pada pisau dan tangan menggunakan tisu.

3. Potong buah nangka jadi empat bagian. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan minyak di tangan ataupun pisau. Kalau getah lengket nangka keluar berlebih, bersihkan dengan kertas tisu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Praktis Memotong Nangka

4. Ambil seperempat bagian, cari bagian yang busuk atau lunak kemudian potong dan sisihkan.

5. Bagian tengah buah nangka tak bisa dimakan. Jadi, Anda bisa langsung memotong dan membuangnya.

6. Pegang dan putar bagian penutup biji yang berdaging, potong bagian dasar kulit. Proses ini akan membuat biji nangka terlihat dengan mudah.

Biji nangka sendiri bisa diolah kembali jadi makanan lezat. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus atau dipanggang.

7. Jika buah nangka sudah matang, Anda perlu memotong bagian tengah buah nangka. Hal itu untuk mempermudah mengambil daging buah dan menghilangkan serat-serat yang menempel. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.