Sukses

Cerita Akhir Pekan: Kondisi Tempat Wisata di Dunia yang Sepi Turis

Sejumlah destinasi di berbagai belahan dunia mengalami dampak pandemi corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir 10 bulan dunia menghadapi pandemi corona Covid-19, tapi hingga kini belum juga berakhir. Beberapa negara bahkan menutup perbatasannya bagi turis asing guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga sulit melakukan untuk berlibur

Pandemi corona Covid-19 sangat berdampak luas terhadap kehidupan umat manusia. Pandemi tak hanya persoalan kesehatan, tapi juga ekonomi, dalam hal pariwisata.

Kondisi pariwisata di berbagai belahan dunia benar-benar merasakan dampaknya, mulai dari dunia penerbangan, destinasi wisata, hingga ke pelaku wisata, serta para pekerjanya.

Pada 2021 ini pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Namun, sejumlah kebijakan mulai diterapkan oleh banyak negara guna membuat pelancong bisa berlibur kembali untuk mendongkrak pariwisata dan pemasukan negara.

Tak hanya Indonesia, semua negara di dunia terus berjuang agar corona Covid-19 bisa segera sirna dengan jalan vaksinasi. Berikut sejumlah potret destinasi wisata dunia yang tampak sepi dari pengunjung.

Angkor Wat

Angkor Wat terletak di Kamboja yang merupakan gugus bangunan berbentuk candi yang berdiri di situs seluas 1.626.000 meter persegi. Angkor wat dibangun oleh Raja Khmer Suryawarman II pada abad ke-12, sebagai candi negara sekaligus tempat persemayaman abu jenazahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Merlion Park

Suasana tampak lengang juga terjadi di Merlion Park Perubahan juga terjadi di Merlion Park. Salah satu ikon Singapura itu tampak sepi saat pandemi corona Covid-19.

Merlion adalah sejenis makhluk mistis berkepala singa dan bertubuh ikan. Tempat ini didirikan pada April 2002 lalu. Berkunjung ke Singapura seperti kurang lengkap jika tak berkunjung ke sini.

3 dari 7 halaman

Universal Studio Jepang

Tak hanya Angkor Wat di Kamboja yang terlihat lesu, Universal Studio Jepang (USJ) pun tak jauh berbeda. Dalam sebuah unggahannya, tampak The Wizard World of Harry Potter, yang terlihat sepi.

Di luar pandemi, lokasi ini ramai dikunjungi para pelancong dari berbagai negara. Di sini, mereka bisa menemukan beberapa tempat-tempat iconic yang ada dalam novel dan juga film Harry Potter, seperti Hogsmeade, kastil Hogwarts, Three Broomsticks, Ollivander’s Wand Shop, Honeydukes, hingga Hogwarts Express, dan lain-lain.

4 dari 7 halaman

Tiananmen Square

Tiananmen Square jadi salah satu tempat bersejarah yang berada di China. Tempat ini sangat terkenal, tak hanya di China tapi juga di dunia karena peristiwa demonstrasi Tiananmen pada 1989.

Lapangan Tiananmen terletak di luar pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing. Di sebelah selatan lapangan ini terdapat sebuah bangunan yang merupakan Mausoleum Ketua Mao. Di dalam bangunan ini, jenazah Ketua Mao Zedong yang diawetkan di dalam kotak kaca ditempatkan.

5 dari 7 halaman

Museum Louvre

Taman Napoleon salah satu bagian dari Museum Louvre menjelang matahari tenggelam. Dari kejauhan suasana tempat tersebut tak sebanyak saat kondisi normal.

Musum Louvre sempat tutup selama enam bulan saat Prancis memberlakukan lockdown. Kini, museum tersebut meningkatkan penawaran secara digital untuk mengumpulkan uang, termasuk kerja sama dengan Uniqlo untuk menjual kaus bergambar Mona Lisa.

 

6 dari 7 halaman

Luxor di Mesir

Tahun ini Luxor disebut-sebut akan menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan, domestik dan mancanegara. Salah satu lokasi wisata di Luxor adalah Lembah Para Raja.

Lokasi ini terletak di tepi sungai Nil dan menjadi tempat dimakamkannya 62 raja-raja Firaun dan keluarga. Selain itu, tempat ini juga menjadi pusat bagi para arkeolog untuk melakukan penelitian.

7 dari 7 halaman

Dubai Miracle Garden

Dubai Miracle Garden diluncurkan pada Hari Valentine 2013 dan berlokasi di jantung Dubailand. Untuk menggaet para pengunjung tempat sempat memberikan diskon sebesar 50 persen pada akhir 2020, seperti diumumkan dalam akun Instagram resminya.

Dubai Miracle Garden telah mendapatkan dua Rekor Dunia Guinness untuk taman vertikal terbesar pada 2013 dan patung bunga terbesar di dunia yang berbentuk seperti Airbus A380 pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini