3 Cara Makan Pisang untuk Turunkan Berat Badan

Oleh Komarudin pada 31 Jan 2021, 16:03 WIB
Diperbarui 31 Jan 2021, 16:03 WIB
Ilustrasi pisang
Perbesar
Ilustrasi pisang (dok. unsplash/ Priscilla Du Preez)

Liputan6.com, Jakarta - Pisang jadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah itu juga salah satu yang digemari banyak orang, bahkan disebut-sebut sebagai buah paling sehat.

Pisang memang sangat bergizi, mengandung vitamin dan mineral penting yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga kaya serat dan rendah lemak.

Satu-satunya masalah dengan pisang adalah kandungan karbohidrat dan kalorinya cukup tinggi. Sehingga buah ini punya reputasi pisang buruk di kalangan pengamat berat badan.

Padahal, bila melewatkan pisang dalam diet, Anda justru akan kehilangan manfaat kesehatannya yang luar biasa. Dilansir dari Times of India, Jumat, 29 Januari 2021, terdapat rekomendasi aturan memakan pisang untuk menurunkan berat badan. 

1. Usai Olahraga

Pisang merupakan camilan usai olahraga yang sangat baik untuk menghilangkan rasa lapar dan mengisi kembali energi. Satu pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Menu Sarapan

Ilustrasi banana oatmeal
Perbesar
Ilustrasi banana oatmeal (dok.unsplash/ Marek Piwnicki)

Pisang mengandung pati dan kalium resisten tinggi yang dapat meningkatkan perasaan kenyang dan memberi energi instan. Pisang bisa dicampur dengan oatmeal atau biji chia yang akan membuat sarapan terasa lezat dan memuaskan.

3. Smoothie Pisang Mentah

Sesuai penelitian, kandungan pati dalam pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Ini dapat mengatur perpindahan nutrisi ke dalam sel sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan dalam pisang berupa pati disebut dapat meningkatkan pembakaran lemak setelah makan sebesar 23 persen. Tapi, karena rasanya agak pahit, pisang mentah ini bisa diolah jadi smoothie dengan sedikit madu dan kacang-kacangan.

Sajian ini direkomendasikan dinikmati setelah sesi olahraga atau tengah hari untuk mengekang rasa lapar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya