Sukses

Ganjar Pranowo Modifikasi Baju Adat Riau untuk Mejeng di Vaksinasi Covid-19 Kedua

Penampilan Ganjar Pranowo curi perhatian saat vaksinasi Covid-19 jilid dua dengan mengenakan baju adat Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menjalani vaksinasi di RSUD Tugurejo, Jawa Tengah. Berbeda dengan vaksinasi pertama, saat vaksinasi kedua Ganjar mengenakan baju adat Melayu Riau warna kuning.

"Vaksinasi kedua! Alhamdulillah," tulis Ganjar Pranowo sebagai keterangan foto, Kamis, 28 Januari 2021.

Ganjar menjelaskan, vaksin kedua ini kebetulan bertepatan minggu keempat. Menurut dia, waktunya mengenakan baju adat nusantara.

"Dan baju adat Melayu Riau saya pilih dengan sedikit modifikasi," tulis Ganjar sebagai keterangan foto. Modifikasi itu berupa bagian kiri lengannya yang terdapat ritsleting sehingga memudahkannya untuk divaksin bagian lengan kirinya.

"Terinspirasi Bupati Sragen," ujar Ganjar dalam video yang diunggahnya. "Tapi dia ritsletingnya lurus di tengah. Kata penjahit saya, jangan pak, biar tidak kelihatan mengubah desainnya. Jadi dipasang di atas dan diputar. Ini hanya 15 menit saya bawa ke penjahit, kemudian direparasi," kata Ganjar tertawa.

Dalam kolom komentar, ia juga mengungkapkan bahwa baju adat Melayu Riau itu merupakan hasil desainan @alimofit. "Yg tanya siapa yg buat desainnya, nah ini orangnya mas @alimofit," tulis Ganjar Pranowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mlotif khas Melayu

Pakaian adat untuk pria di Riau dinamakan dengan Baju Kurung Cekak Musang atau Baju Kurung Teluk Belanga. Baju tersebut berupa baju kurung kurawal yang longgar sebagai atasan dan celana panjang dengan warna senada sebagai bawahan.

Sebuah kain tenun dengan motif khas Melayu menjadi penghias yang dililitkan di pinggang. Selain itu, pria Riau juga melengkapi penampilan dengan kopiah atau peci. Umumnya, baju tersebut dikenakan saat upacara adat atau acara pernikahan.

Unggahan Ganjar Pranowo saat mengenakan baju adat Melayu Riau diapresiasi warganet. Mereka senang melihat Ganjar mengenakan baju itu.

"Bapak terimah kasihhh sudah mengenakan baju riau," komentar seorang warganet. "Fokus lengan bajuny keren pak😍 sehat slalu," imbuh warganet yang lain.

3 dari 3 halaman

Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.