Sukses

6 Cara Membersihkan Kasur di Rumah agar Bebas Masalah

Membersihkan kasur tak sesulit yang diperkirakan banyak orang. Berikut enam cara untuk membersihkannya

Liputan6.com, Jakarta - Kasur jadi bagian yang penting dalam rumah. Jika ingin kasur bisa bertahan lama, Anda harus mempelajari cara membersihkan kasur.

Kasur bisa menjadi sarang tungau, debu, kulit mati, kotoran, dan kotoran lainnya, yang bisa berdampak buruk pada kesehatan. Maka, kasur perlu dibersihkan secara teratur, terutama bagi mereka yang menderita alergi, memiliki hewan peliharaan, atau suka ngemil tengah malam.

Ternyata, membersihkan kasur jauh lebih mudah ketimbang yang orang kira. Dilansir dari laman Architectural Digest, Rabu, 27 Januari 2021, berikut enam cara untuk merawat kasur dengan baik agar tidur dengan nyenyak.

1. Siapkan Perlengkapan Kebersihan

Untuk membersihkan kasur secara mendalam, Anda membutuhkan bahan-bahan tertentu di tangan. Bahan dan alat yang perlu disiapkan, meliputi penyedot debu, pembersih enzim, sabun cuci piring, deterjen, baking soda, kain pembersih, dan air.

2. Buka Tempat Tidur dan Cuci Semua Seprai

Singkirkan seprai, sarung bantal, dan penutup kasur dan biarkan semuanya di mesin cuci saat Anda bekerja membersihkan kasur. Mencuci semua alas tidur dengan air panas akan membantu menyingkirkan tungau dan debu.

3. Sedot Kasur

Gunakan pelapis jok penyedot debu dan bersihkan seluruh permukaan kasur, termasuk bagian sisinya. Berikan perhatian khusus pada jahitan dan keluarkan celah sambungan untuk mengangkat kotoran atau debu yang tersembunyi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bersihkan Kasur dengan Penghilang Noda

Sekarang saatnya untuk fokus menghilangkan noda di kasur. Jangan pernah merendam kasur Anda atau mengoleskan air atau larutan pembersih langsung ke kasur. Busa, misalnya, tidak boleh basah sama sekali. Maka itu, penting Anda memiliki pembersih enzim untuk membantu menghilangkan noda-noda yang sulit, seperti darah, keringat, muntah, dan urine.

5. Taburkan Baking Soda ke Seluruh Kasur

Jika Anda tidak dapat menjemur kasur di bawah sinar matahari dan udara segar, baking soda adalah pilihan terbaik. Taburkan di atas seluruh bagian atas kasur dan biarkan selama beberapa jam. Baking soda akan memecah asam dan menyerap kelembapan atau bau yang tersisa. Semakin lama soda kue dibiarkan di atas kasur, hasilnya akan semakin baik.

6. Sedot Kembali

Setelah baking soda bekerja dengan baik, sedot debu secara menyeluruh. Setelah itu, balik kasur sisi pertama yang sudah bersih. Membalik kasur harus dilakukan secara berkala, baik saat sedang membersihkan kasur atau tidak.

3 dari 3 halaman

6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.