Sukses

Terinspirasi dari Komodo, Mewahnya Kostum Nasional Indonesia di Miss Tourism International 2020/2021

Selain kain tenun Manggarai, kostum nasional terinspirasi komodo di Miss Tourism International 2020/2021 ini juga dilengkapi detail manik-manik, mutiara, dan kristal.

Liputan6.com, Jakarta - Jadi perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Tourism International 2020/2021, Clarita Mawarni Salem tak hanya memboyong gelar Miss Tourism Metropolitan International 2020/2021. Ia juga dinobatkan sebagai Miss Gorgeous Carlo Rino.

Di antara banyak komponen pendukung penampilan Mawar pada malam final tahun ke-23 ajang kecantikan itu, salah satu sorotannya adalah kostum nasional. Busana itu sendiri merupakan rancangan desainer Indonesia, Eggie Jasmin.

Melalui pesan pada Liputan6.com, Minggu, 24 Januari 2021, Eggie mengatakan, "Poin utamanya (dalam membuat kostum nasional yang dipakai Mawar) adalah simpel, mewah, elegan, dan less is more."

Selama ini, kata Eggie, rata-rata kostum nasional sebelumnya terlihat besar dan berat. Sementara dari segi desain dinilai tak jauh berbeda dari kostum karnaval. Namun, gagasan itu perlahan mulai digantikan desain busana lebih sederhana.

Melalui kostum nasional yang dipakai Mawar, Eggie bermaksud menghadirkan mahakarya tentang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memorable, sekaligus ikonis. Representasinya tentu bisa banyak sekali, tapi kali ini Eggie memilih satu kekayaan yang tak dimiliki daerah lain, yakni komodo.

Hewan purba ini kemudian diterjemahkannya sebagai simbol kekuatan. "Karena Pulau Komodo berada di Kabupaten Manggarai Barat, saya gunakan wastra dari kabupaten tersebut, yaitu kain tenun Manggarai. Itu kemudian dipadankan dengan busana yang didominasi warna emas dan hitam," tutur sang desainer.

Pemilihan kombinasinya bukan tanpa maksud. "Emas memberi kesan megah, kejayaan, dan grand. Sedangkan, warna hitam sendiri memberi kesan tangguh, kuat, serta magis," katanya, sembari menambahkan bahwa motif warna-warni motif kain tenun Manggarai merepresentasi keberagaman NTT.

Sementara aksennya terdiri dari manik-manik, mutiara, dan kristal untuk menambah kesan classy sekaligus mewah. Semua komponennya dibuat secara manual, desainer Indonesia ini mengatakan, butuh waktu tiga bulan untuk membuat kostum nasional itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna Tersirat di Baliknya

Dalam pembuatan kostum nasional ini, Eggie mengaku juga berkonsentrasi pada kemudahan instalasi kostum dan dibuat tak terlalu berat sehingga mudah dipakai saat tampil di atas panggung. "Banyak sekali makna tersirat dari kostum ini," tuturnya.

Pertama, kebanggaan sebagai anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dan bentuk lain dari pelestarian warisan nenek moyang. "Kami juga bermaksud memperlihatkan NTT dengan segala sumber daya dan warisan budanya sudah sangat siap terjun ke ajang kecantikan internasional," imbuh Eggie.

Kemudian, pemilihan komodo sebagai inspirasi utama kostum nasional ini bermaksud meningkatkan kesadaran audiens bahwa Indonesia, dalam kasus ini NTT, punya salah satu hewan purba endemik yang tak bisa ditemukan di tempat lain di dunia.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar COVID-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.