Sukses

Yuk, Donasi Makanan dengan Aksi Unggah Potret Piring Tanpa Sisa Santapan

Berkontribusi pada krisis pangan di Bali dapat dilakukan dengan berdonasi melalui aksi tidak menyisakan makanan di piring. Potret piring kosong itu dibagikan di platform peduli isu sosial

Liputan6.com, Jakarta - Aksi kebaikan dalam upaya membantu sesama tiada henti digencarkan di masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah gerakan peduli krisis pangan di Bali yang disalurkan melalui donasi makanan dan dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah lewat ponsel pintar.

Kampanye dengan tajuk #EmptyYourPlate ini diinisiasi oleh yayasan nirlaba Scholars of Sustenance (SOS) Bali dalam aplikasi Campaign.com. Kampanye tersebut mengajak warga untuk mengurangi limbah makanan dengan tidak menyisakan dan membuang makanan.

Fundraising Manager Scholars of Sustenance (SOS) Bali Freddy Dumais, menyampaikan setiap harinya, para koki memasak makanan-makanan bergizi antara 1.000--2.000 makanan. Proses pembungkusan makanan dilakukan oleh para relawan untuk dapat didistribusikan ke panti asuhan, fasilitas, atau tempat lain yang membutuhkan.

Dikatakan Freddy, tantangan #EmptyYourPlate dapat dilakukan dengan langkah yang mudah dan simpel. Pihaknya akan menantang 2 ribu--4 ribu orang supporter untuk menjalankan tantangan selama 15 hari.

"Setiap supporter hanya perlu meng-upload foto sebuah piring kosong yang telah habis makanannya untuk di-upload ke dalam aplikasi Campaign.com," kata Freddy dalam bincang virtual, Senin (25/1/2021).

Ketika para supporter sudah menjalankan tantangan itu selama 15 hari, mereka telah berdonasi Rp25 ribu untuk didonasikan ke SOS. "Kita bisa membagikan 10 makanan ke orang-orang yang paling membutuhkan. Setiap makanan yang kita buat itu perlu Rp2.500," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Misi Mulia

"Kita mau mengajak orang-orang, mari kita kosongkan piring kita untuk bisa memenuhi piring orang-orang yang membutuhkan di challenge lewat platfom ini," ungkap Freddy soal donasi makanan ini.

Di sisi lain, di masa krisis Covid-19 tantangan kian besar, di mana makin banyak pula orang yang membutuhkan makanan. Tujuan SOS lewat kampanye ini adalah memastikan mereka yang terdampak Covid-19 masih dapat menyantap makanan yang bergizi.

Tantangan ini akan berlangsung hingga akhir Maret 2021. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk pasokan makanan bagi pihak-pihak rentan di Bali.

Kampanye #EmptyYourPlate dalam Campaign #ForChange untuk mencairkan donasi sebesar Rp100 juta dari empat sponsor, yakni PT Maskapai Reasuransi Indonesia, PT Pioneerindo Gourmet International TBK (CFC), PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk, serta RestoDepot.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.