5 Macam Kentang Goreng yang Mudah Dibuat di Rumah

Oleh Putu Elmira pada 25 Jan 2021, 07:01 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 07:01 WIB
Ilustrasi Kentang Goreng
Perbesar
Ilustrasi kentang goreng. (dok. Unsplash.com/@magnusjonasson)

Liputan6.com, Jakarta - Kentang dapat diolah menjadi beragam sajian yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Salah satu sajian yang paling banyak dibuat dan populer di masyarakat adalah kentang goreng.

Momen bersantai bersama keluarga tercinta atau saat mengisi waktu luang, kentang goreng jadi sajian yang banyak dipilih. Namun, Anda bosan dengan kentang goreng yang itu-itu saja?

Jangan khawatir, ada beberapa insprasi untuk mengolah kentang goreng. Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Minggu, 24 Januari 2021 berikut ini.

1. Kentang goreng peri-peri

Untuk sajian ini, Anda cukup goreng kentang yang diiris seperti biasa dalam minyak dan sisihkan. Ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan, mulai dari bubuk kayu manis panggang ringan, bubuk jintan, bubuk cabai merah, bubuk kunyit, garam, oregano, gula, bubuk lada hitam.

Semua bahan di atas lantas dicampur di wajan bersama dengan sedikit bawang bombay dan bawang putih. Campur kentang di dalamnya dan sajikan.

2. Kentang goreng keju

Panggang kentang yang telah dipotong-potong pada suhu 200 derajat celsius selama 15 menit. Dalam wajan, tambahkan keju cheddar, 1/4 cangkir susu, bawang putih giling dan bawang bombay, tumis sebentar. Tuang campuran itu di atas kentang goreng dan taburi dengan paprika.

3. Poutine

Ilustrasi Poutine
Perbesar
Ilustrasi poutine. (dok. Unsplash.com/@fransada)

Cara membuat kentang goreng khas Kanada ini, masukkan kentang ke dalam air dingin dan dinginkan selama satu jam. Lalu goreng kentang dalam minyak dan sisihkan.

Untuk membuat kuahnya, siapkan campuran 1 sdm tepung maizena dan air, sisihkan. Dalam wajan, tambahkan sedikit tepung dengan mentega dan tambahkan 1 cangkir kaldu ayam.

Kini tambahkan campuran tepung jagung dan masak selama 2--3 menit sampai mulai mengental. Bumbui dengan garam dan lada hitam. Tuang saus ini di atas kentang dan taburi dengan lada hitam dan keju mozzarella parut.

4. Kentang goreng bawang putih

Membuat versi ini, Anda cukup bumbui kentang yang diiris dengan sedikit minyak zaitun, lada hitam, garam, daun bawang, dan bawang putih giling dalam mangkuk. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celsius dan panggang kentang selama 20 menit sampai berwarna cokelat muda.

5. Kentang goreng curly

Potong kentang dengan pemotong spiral dan dinginkan dalam air dingin selama satu jam. Dalam mangkuk, campur tepung olahan, paprika, oregano, garam, lada hitam, dan secangkir air untuk membentuk adonan kental. Lapisi kentang dengan adonan ini dan goreng dengan minyak sampai berwarna cokelat keemasan.

 

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓