Ayam Goreng dan Kopi Susu, Kuliner Paling Banyak Dipesan Antar Selama 2020

Oleh Dinny Mutiah pada 22 Jan 2021, 15:01 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 15:01 WIB
es kopi susu
Perbesar
Ilustrasi es kopi susu./Copyright unsplash.com/Thomas Vimare

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 mengubah kebiasaan makan di luar menjadi makan di rumah. Tak hanya memasak sendiri, masyarakat juga makin banyak yang memesan beragam kebutuhan lewat pesan antar. Dari sederet kuliner yang dijajakan, mana yang paling banyak dipesan sepanjang 2020?

Berdasarkan data yang dikumpulkan Go-Food, ayam goreng dan kopi susu adalah menu terlaris dipesan oleh para konsumen sepanjang 2020. Dua menu tersebut merupakan juara bertahan tahun sebelumnya. 

"Dua menu ini masih menjadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia terutama di masa pandemi, karena menu tersebut menjadi santapan wajib selama masyarakat bekerja dan belajar dari rumah," kata Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/1/2021).

Selain dua menu tersebut, GoFood juga mendeteksi tiga pendatang baru yang mendominasi 2020. Pertama adalah mi pedas, terutama yang dikemas dengan nama-nama unik seperti mi setan dan mi iblis.

Kedua adalah dimsum goreng, khususnya jenis udang rambutan. Dimsum yang banyak dijual UMKM itu menjadi salah satu camilan favorit masyarakat. Berikutnya adalah minuman berbahan dasar susu segar dengan beragam rasa, seperti matcha, pandan, dan bobba. Minuman ini menjadi pendamping warga untuk beraktivitas di rumah.

"Teknologi GoFood memungkinkan pelanggan untuk tidak hanya mengandalkan GoFood sebagai pengantaran makanan, namun juga menjadi destinasi bagi pelanggan untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman di seluruh Indonesia, sesuai dengan kegemaran pelanggan," kata Catherine. 

2 dari 4 halaman

Prediksi Tren Kuliner 2021

Ilustrasi dessert box
Perbesar
Ilustrasi dessert box (sumber: Pixabay).

GoFood juga memprediksi tiga kuliner yang akan laris pada 2021. Prediksi disusun memanfaatkan teknologi yang ada.

Menu pertama yang akan laris pada tahun ini adalah dessert box alias cake dalam kemasan dengan berbagai varian dan pengemasan yang unik. Dessert box bukanlah menu anyar, tetapi sudah mulai naik daun sejak pandemi lalu, karena pelanggan tidak hanya membelinya untuk kepuasan lidah tetapi juga untuk konten sosial media.

Berikutnya adalah makanan dan minuman berbahan dasar Milo. Bahan tersebut pernah booming beberapa tahun lalu dengan beragam kreasi, seperti es kepal dan boba.

Terakhir, rice bowl dengan berbagai topping. Menurut Catherine, kepopuleran nasi di Indonesia belum terkalahkan sehingga bisnis kuliner ditantang untuk lebih kreatif menghidangkan menu nasi lebih dari sekadar nasi ayam.

"Topping lezat mulai dari beef brisket, wagyu, rawon,yakiniku mentai, bahkan ayam geprek, menu rice bowl dengan kemasan praktis diprediksi menjadi kuliner favorit 2021," kata dia.

Metode pesan antar masih diprediksi masih akan terus diminati pada tahun ini melihat pertumbuhan merchant yang bergabung hampir 40 persen selama pandemi. Pada akhir 2020, sudah 750 ribu mitra bergabung bersama GoFood, terutama di kategori UMKM, meningkat 50 persen di tahun sebelumnya.

"Di tahun 2021 ini, GoFood akan terus merancang teknologi yang meningkatkan pengalaman lebih baik bagi pelanggan. GoFood mengedepankan teknologi personalisasi, serta berfokus menjadi destinasi dan referensi kuliner utama di Indonesia yang akan dihadirkan lewat beberapa fitur andalan sepanjang 2021 nanti, tutup Catherine.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Pesan Makanan Online

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓