3 Makanan Kunci untuk Jalani Diet di Musim Hujan, Sehat Sekaligus Turun Berat Badan

Oleh Asnida Riani pada 22 Jan 2021, 05:02 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 05:02 WIB
Cerita Akhir Pekan: 6 Jenis Diet Terpopuler Sepanjang 2020
Perbesar
Ilustrasi diet untuk turunkan berat badan. (dok. Ketut Subiyanto/Pexels/Brigitta Bellion)

Liputan6.com, Jakarta - Diet memang jadi metode andalan tak sedikit orang untuk menurunkan berat badan. Kendati demikian, Anda sudah sering dinasihati untuk tak meninggalkan faktor kesehatan dalam mengatur pola makan selama menjalaninya.

Ya, diet semestinya tak semata membuat angka timbangan turun, tapi juga bikin tubuh lebih fit. Ini jadi pertimbangan penting, terlebih pandemi COVID-19 belum berakhir dan sekarang telah memasuki musim hujan.

Melansir laman First Post, Rabu, 20 Januari 2021, Akanksha Mishra, seorang pakar nutrisi dan kesehatan, menjelaskan bahwa musim hujan dikenal sebagai periode infeksi. "Pilek dan batuk, malaria, demam berdarah, infeksi perut, demam, tifus, dan pneumonia sangat umum terjadi pada musim hujan," katanya.

Karena risiko dari semua infeksi ini, pihaknya selalu meminta publik mengonsumsi makanan sederhana, seimbang, dan baru dimasak. Penekanannya, kata Mishra, dengan mengurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng. "Boleh, tapi jangan terlalu banyak dan jangan setiap hari," ucapnya.

Sebagai ganti, Mishra merekomendasikan tiga kelompok makanan utama untuk diet di musim hujan. Dengan mengubah menu makanan, ia mengatakan, Anda tak hanya akan turun badan, tapi juga sehat.

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi buah delima. (dok. pexels/Any Lane)

Buah-buahan

Buah-buahan khas musim hujan, seperti pir, plum, ceri, leci, persik, dan delima harus dikonsumsi lebih banyak. Ini bermaksud memenuhi nutrisi baik untuk tubuh, termasuk serat, vitamin A dan C, serta antioksidan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Rempah-Rempah

Selain menjadi bumbu dapur, jahe pun punya khasiat lain untuk kecantikan
Perbesar
Ilustrasi jahe. (pixabay.com/Couleur).

Sertakan rempah-rempah, seperti kunyit dan jahe, dalam makanan Anda. Mereka memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, dan peningkat imunitas tubuh. Makanan rumahan sederhana harus jadi target Anda dalam cuaca seperti ini.

Sayur-sayuran

Labu, seperti labu botol, labu pahit, labu runcing, labu punggung, bahkan labu India, disarankan masuk menu makan harian Anda. Di samping, tetap diseimbangkan dengan sayuran hijau.

Kuncinya, pastikan mencuci sayuran sebersih mungkin. "Mencuci sayuran sampai bersih dan memasaknya dengan api besar sangat penting," kata Mishra.

Selain yang telah disebutkan di atas, pastikan Anda tetap minum cukup setiap hari. Asupan air yang cukup berfungsi untuk merehidrasi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Perbesar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya